Devotion 1137 : BENCI TAPI RINDU

Devotion 1137 - Dr. Heintje Kobstan
BENCI TAPI RINDU
Bacaan: Yeremia 37

Setiap manusia membutuhkan saran, nasehat, tuntunan, perintah ataupun petunjuk. Namun ketika mereka kemudian dipertemukan dengan hal-hal diatas, ada yang berespon negatif tetapi ada juga yang positif. Apapun responnya, manusia tetap membutuhkannya. Begitu juga dalam pasal ini, dimana dikisahkan Zedekia diangkat menjadi raja Yehuda oleh raja Nebudkadnezar untuk menggantikan Konya bin Yoyakim. Raja Zedekia tetap mencari firman TUHAN melalui Yeremia, walau ia dan para pegawainya serta rakyat Yehuda tidak mau mendengarkan firman itu.

Raja Zedekia suka mendengar berita firman tetapi tidak mau menaatinya. Ia benci ketika firman itu mengoreksi atau menegur dirinya sehingga menolak untuk menaatinya, tetapi disatu pihak, ia juga rindu akan firman TUHAN yang disampaikan oleh Yeremia. Ini ibaratnya benci tapi rindu, Zedekia benci firman TUHAN tetapi tetap merindukannya. Suatu waktu ketika orang Kasdim telah mundur dari Yehuda karena takut dengan pasukan Firaun, maka keluarlah Yeremia untuk pergi ke daerah Benyamin. Ia bermaksud untuk  pembagian warisan diantara saudaranya. Tetapi ia ditangkap dipintu gerbang karena dicurigai akan menyeberang ke pihak orang Kasdim. Lalu ia dipenjarakan di ruang bawah tanah rumah panitera Yonatan. Akan tetapi raja Zedekia diam-diam melepaskannya dan sesuai permintaan Yeremia, ia tidak dikembalikan ke penjara itu tetapi ditempatkan di pelataran penjagaan. Alasan Zedekia membebaskan Yeremia adalah untuk bertanya apakah ada firman TUHAN untuknya? Padahal Zedekia dikelilingi oleh para nabi yang juga bernubuat untuknya. Namun ternyata, Zedekia juga merindukan firman TUHAN walau ia juga membencinya. Yeremia selalu menyampaikan firman yang murni tanpa mengubahnya supaya disukai Zedekia dan seluruh rakyat. Para nabi yang ada disekitar Zedekia, selalu bernubuat untuk menyenangkan hati Zedekia. Sebagai pemberita firman teruslah memberitakan firman TUHAN yang murni, walau banyak yang akan membencinya tetapi banyak orang yang akan merindukannya juga.

Tetaplah memberitakan firman TUHAN yang murni meskipun banyak orang yang membencinya tetapi banyak orang juga yang merindukannya.

#pasionateheintje.blogspot.com
Yeremia 37:17 "Pada suatu kali raja Zedekia menyuruh orang mengambil dia. Lalu dengan diam-diam bertanyalah raja di istananya kepadanya: "Adakah datang firman dari TUHAN?" Jawab Yeremia: "Ada!" Lagi katanya: "Bunyinya: Engkau akan diserahkan ke dalam tangan raja Babel!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 22'01'19: Keluaran 16 - 18
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT