Devotion 1130 : IKATAN PERJANJIAN

Devotion 1130 - Dr. Heintje Kobstan
IKATAN PERJANJIAN
Bacaan: Yeremia 30

Tidak selamanya awan gelap menutupi matahari, karena pada waktunya matahari pasti akan bersinar kembali. Begitu juga dengan keadaan Yehuda, hukuman dahsyat yang dialami Yehuda berupa pembuangan ke Babel adalah sesuai dengan dosa-dosa mereka. Jika seandainya TUHAN tidak memulihkan mereka, itu juga masih dalam keadilan TUHAN karena betapa bobroknya keadaan mereka. Tetapi karena kasihNya maka Ia pun akan memulihkan Yehuda pada waktu yang ditentukanNya. Sebab segala sesuatu dibawah kolong langit ini ada waktunya.

Siapa yang dapat memulihkan Yehuda? Ibarat penyakit, boroknya sudah membusuk (ay.12-13), tidak ada obat yang bisa menyembuhkan, kecuali dikerat. Namun, kalau seluruh tubuh terbungkus borok membusuk, apa lagi yang bisa dikerat tanpa kehilangan nyawa? Hanya TUHAN saja yang dapat menyembuhkannya (ay.17). TUHAN tidak hanya sekedar memulihkan borok mereka tetapi juga seluruh bidang kehidupan mereka. TUHAN sendiri akan membuat Yehuda dipermuliakan dan tidak akan dihina lagi (ay.19). Dan TUHAN akan menghukum mereka yang telah menindas Yehuda (ay.20). Dasar TUHAN melakukan tindakan pemulihan itu adalah selain kasihNya juga karena adanya ikatan perjanjianNya dengan mereka. Memang perjanjian itu telah dilanggar oleh Yehuda tetapi karena kasihNya maka TUHAN menegakkan kembali ikatan perjanjian itu. Sehingga Israel akan tetap menjadi umatNya dan TUHAN sendiri yang akan menjadi Allah mereka (ay.22).

Keberdosaan manusia seharusnya membawa pada kematian tetapi karena kasihNya maka TUHAN mengadakan pemulihan melalui karya Yesus Kristus di kayu salib. Dengan dasar karya kayu salib itu maka Ia mengadakan ikatan perjanjian dengan umat manusia, bahwa mereka yang menerima Yesus Kristus akan tetap menjadi umatNya dan TUHAN akan menjadi Allah mereka sampai selamanya.

Jangan melepaskan diri dari ikatan perjanjian Tuhan supaya engkau tetap hidup dalam kasih dan anugerahNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 30:22 "Maka kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 08'01'19: Kejadian 22 - 24
Mari kita kembali BERsama berGErak Membaca Alkitab yaitu membaca seluruh Alkitab dalam 1 tahun... Semangat! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

  1. itu nasehat yg bagus sekali utk tetap melekat dengan Tuhan dan tidak terpisah dari Nya.kamsia ko

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT