Devotion 1067 : ALLAH DAN KERAJAANNYA

Devotion 1067 - Dr. Heintje Kobstan
ALLAH DAN KERAJAANNYA
Bacaan: Yesaya 33

Apakah yang Anda lakukan jika seandainya Anda terlibat dalam suatu masalah dengan orang lain dan kemudian telah menempuh jalan damai tetapi orang tersebut tetap berencana untuk menekan Anda? Nah, hal yang sama dialami oleh Yehuda ketika Sanherib akan menghancurkan negeri itu dan dengan penuh penghinaan menolak utusan damai Hizkia. Sebelumnya Asyur telah menerima kompensasi sebelumnya dan itu berarti perjanjian damai, tetapi kemudian Sanherib melanggar hal ini (ay.7-12). Dalam keadaan tertekan seperti ini, Yesaya menyerukan kepada Yehuda bahwa masih ada pengharapan dalam Tuhan, penolong dan raja di Sion.

Dalam PL, ada hukum yang berlaku diantara bangsa-bangsa yaitu hukum pembalasan, seperti mata ganti mata, gigi ganti gigi. Hal ini berarti bahwa setiap perbuatan yang dilakukan dengan semena-mena kepada orang lain harus juga mendapatkan pembalasan yang sama. Tetapi Firman Tuhan mengajarkan bahwa pembalasan itu adalah hak Tuhan (Ul.32:35). Jadi, bukan manusia yang harus menuntut balas tetapi Tuhan. Yehuda sebagai umat Tuhan sudah seharusnya mencari pertolongan kepada Tuhan dan sesuai janjiNya maka yang akan membalaskan semua yang Asyur telah lakukan kepada Yehuda adalah Tuhan sendiri. Kemungkinan besar ayat 1 ini berbicara, perusak ... penggarong, ditujukan kepada bangsa Asyur yang telah sekian lama menindas bangsa Israel. Dan perbuatan mereka itu pasti akan mendapatkan balasan dari Tuhan. Hal ini terjadi supaya nyata keadilan dan kedaulatan Tuhan sebagai Raja atas seluruh bumi. Dia peduli terhadap teriakan umat yang berkabung dan merana (ay 7-9). Karena kepedulianNya, Dia bangkit dan menolong umatNya (ay10-16). Dia akan memukul mundur Asyur, negara adidaya itu. Meski secara manusia Yehuda tidak akan sanggup melawan Asyur, tetapi Tuhan akan menolong umatNya dengan memukul Asyur hingga mundur. Karena itu sudah seharusnya umat Tuhan menempatkan Dia sebagai Raja dalam hidup ini dan hidup menurut aturan kerajaan itu. Sebab hanya Tuhanlah yang sanggup memproteksi umatNya dan membalaskan ketidakadilan dan kesengsaraan yang dialami mereka akibat perbuatan si jahat dan antek-anteknya.

Jadikan Tuhan sebagai Raja atas hidupmu dan hiduplah menurut aturan kerajaanNya maka Sang Raja akan memproteksi hidupmu dan membalaskan setiap perbuatan jahat dari si jahat dan antek-anteknya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 33:22 "Sebab TUHAN ialah Hakim kita, TUHAN ialah yang memberi hukum bagi kita; TUHAN ialah Raja kita, Dia akan menyelamatkan kita."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 26'09'18 : Amos 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT