Devotion 1053 : ANDALANMU MASA DEPANMU

Devotion 1053 - Dr. Heintje Kobstan
ANDALANMU MASA DEPANMU
Bacaan: Yesaya 19

Mesir menaruh tumpuan hidup pada sungai Nil. Kebergantungan Mesir pada sungai Nil mengakibatkan mereka begitu memuja sungai ini. Orang Mesir percaya bahwa sungai Nil merupakan ciptaan dan pemberian para dewa yang mengasihi mereka. Pada abad ke-5 SM, sejarawan Yunani yang bernama Herodotus berkata bahwa Mesir merupakan "berkat dari sungai Nil". Artinya tanpa sungai Nil, tidak akan ada negeri Mesir karena daerah ini menjadi daerah yang tidak dapat dihuni manusia. Juga bukan tempat yang baik untuk bercocok tanam serta menggembalakan ternak.

Yesaya menyatakan ucapan ilahi pada Mesir yaitu apa yang mereka andalkan yaitu sungai Nil akan kering. Apa yang terjadi jika sungai Nil kering? Tentu saja kehidupan orang Mesir akan menjadi terganggu dan terancam. Yesaya juga menubuatkan akan terjadi perang saudara dan serbuan Asyur yang akan mengakibatkan penderitaan besar bagi Mesir. Perang Saudara akan pecah ketika Dinasti Libya (XXII) bertikai dengan bangsa Etiopia dan dengan Dinasti Saites (XXIV), dan dengan demikian mereka secara bodoh melalui konflik internal mempersiapkan jalan bagi penaklukan mereka semua secara kejam oleh Esar-hadon dari Asyur (ay. 4). Ini terjadi tahun 671 SM, dan penjajahan Asyur berlangsung sembilan belas tahun. Kekeringan hebat yang berlangsung Lama (ay. 5, 6), di mana Sungai Nil tidak dapat mengaliri tanah pertanian di kanan kirinya makin memastikan kehancuran perekonomian Mesir. Dikuasainya sungai Nil menggambarkan bahwa seluruh dewa Mesir telah dikalahkan karena mereka merupakan ilah-ilah yang mati. Lagi pula sungai Nil bukanlah pemberian para dewa, melainkan ciptaan Tuhan semesta alam yang harus disembah oleh seluruh umat manusia di bumi. Karena itu sebagai manusia yang juga makhluk ciptaan Tuhan seharusnya menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya yang berdaulat dan diandalkan sampai selama-lamanya bukan yang lain.

Siapa yang engkau andalkan dalam hidupmu akan menentukan masa depanmu.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 19:1 "Ucapan ilahi terhadap Mesir. Lihat, TUHAN mengendarai awan yang cepat dan datang ke Mesir, maka berhala-berhala Mesir gemetar di hadapan-Nya, dan hati orang Mesir, merana hancur dalam diri mereka."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 01'09'18 : Yehezkiel 7 - 9

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT