Devotion 1064 : PENOLONG KEHIDUPAN

Devotion 1064 - Dr. Heintje Kobstan
PENOLONG KEHIDUPAN
Bacaan: Yesaya 30

Ketika Yehuda mendapatkan ancaman dari Asyur, Yehuda kemudian mencari perlindungan dari Mesir. Jika dilihat dari sejarah, Mesir adalah bangsa yang pernah menjajah Israel. Mungkin Yehuda tidak seharusnya meminta bantuan Mesir. Karena Mesir mungkin akan dapat kesempatan untuk kembali menguasai Yehuda. Tapi mengapa Yehuda tetap meminta bantuan kepada Mesir? Mesir dianggap pintar, berpengalaman, piawai dalam mengatur strategi, dan paling berkuasa saat itu. Diyakini bahwa dengan kekuasaannya, bangsa Mesir dapat melindungi mereka dari serangan musuh Israel. Apakah harapan itu terpenuhi?

Dengan mencari perlindungan kepada Mesir, menolak nasihat Allah, tidak bersedia mempercayai janji-janjiNya, dan mengabaikan prinsip-prinsipNya untuk hidup kudus. Mereka bersalah karena menganggap rendah Tuhan dan lebih suka kekuatan prestasi manusia daripada kuasa Roh. Karena itulah Yesaya kembali memperingatkan Yehuda dengan mengucapkan nubuat melawan Yehuda. Nubuat ini diucapkan waktu raja Hizkia mengirim utusan-utusan kepada Firaun Mesir sekitar th 703-702. Tindakan para pemimpin Yehuda yang memihak Mesir melawan Asyur adalah pemberontakan terhadap Tuhan (ay.1). Mereka berlindung kepada Mesir dan mengharapkan pertolongan dari Firaun, raja Mesir. Tuhan mengingatkan bahwa Firaun akan mengecewakan mereka, dan perlindungan yang diharapkan dari Mesir akan gagal (ay.3). Yehuda justru hanya akan mendapatkan rasa malu karena berharap pada bangsa yang tidak mungkin dapat menolong mereka. Sudah seharusnya ketika mendapatkan ancaman, mereka hanya berlindung para Allah yang hidup, gunung batu keselamatan mereka. Tetapi mereka lebih suka melihat yang kelihatan daripada yang tak terlihat. Padahal yang tak terlihat itu lebih berkuasa daripada yang kelihatan. Hal ini menjadi pelajaran bagi kita, dalam situasi apapun sudah seharusnya kita menjadikan Tuhan menjadi Penolong bagi kehidupan ini. Selalu mengarahkan hati kita pada pimpinan Tuhan bukan kepada yang lain. Karena Tuhan sangat dapat diandalkan untuk menjadi penolong dalam kehidupan ini.

Selalu arahkan hatimu kepada Tuhan karena Tuhan sangat dapat diandalkan untuk menjadi penolong dalam kehidupan ini.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 30:15 "Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." Tetapi kamu enggan,..."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 18'09'18 : Hosea 1- 2

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT