Devotion 1061 : KETIKA PEMULIHAN TERJADI

Devotion 1061 - Dr. Heintje Kobstan
KETIKA PEMULIHAN TERJADI
Bacaan: Yesaya 27

Penghukuman Tuhan harus terjadi namun itu bukanlah sebuah murka Tuhan yang dilakukan tanpa dasar. Penghukuman itu terjadi untuk menyatakan tentang kasih Tuhan. Bahwa tidak selamanya Ia menghukum tetapi Ia juga yang membebat dan memulihkan. Tujuan Tuhan adalah agar semua bangsa mengalami pertobatan dari perbuatan mereka yang menduakan Tuhan. Dengan penghukuman itu, Tuhan ingin agar Israel dan seluruh bangsa di muka bumi ini mengalami keselamatan yang dimulai dari Israel sebagai kebun anggur Tuhan yang elok.

Demi hal itu, Tuhan menghancurkan Lewiatan, seekor binatang kiasan (dinyatakan melalui mitos naga dalam cerita-cerita kafir bangsa-bangsa Semit), yang melambangkan dunia yang congkak serta bergejolak menentang Allah. Secara lebih khusus yang dimaksud ialah kerajaan-kerajaan dunia berturut-turut: Mesir, Asyur (dikaitkan dengan Sungai Tigris yang mengalir deras) dan Babel (dikaitkan dengan Sungai Efrat yang berkelok-kelok). Hal ini menyatakan bahwa Allah yang sesungguhnya berperang bagi Israel untuk menghancurkan segala bentuk penyembahan berhala bangsa-bangsa. Nabi Yesaya juga menubuatkan bahwa Allah akan menyatukan kembali orang-orang Israel yang telah terserak ke wilayah Babel (Yehuda) dan Asyur (Israel) akibat peperangan dan kekalahan yang mereka alami akan kembali menjadi satu bangsa yang utuh (ay. 11-12). Hanya satu keinginan Allah yaitu memulihkan umat pilihanNya dan tebusanNya, mengembalikan umatNya dari pembuangan dan membuat umatNya bebas dan tulus menyembah Dia. Itulah restorasi atau pemulihan dimana kedua Israel tersebut kembali bersatu di tanah air menjadi satu Israel. Mereka semua "sujud menyembah kepada Tuhan di gunung yang kudus, di Yerusalem" (ay.13). Saat pemulihan terwujud, nama Tuhanlah yang ditinggikan. Pemulihan Israel adalah berkat bagi dunia, seperti kebun anggur yang buahnya dapat dinikmati bangsa-bangsa.

Bangsa-bangsa akan menerima anugerah Tuhan ketika umat Tuhan dipulihkan sebab dari umat Tuhanlah kehidupan itu akan mengalir sampai kepada bangsa-bangsa.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 27:6 "Pada hari-hari yang akan datang, Yakub akan berakar, Israel akan berkembang dan bertunas dan memenuhi muka bumi dengan hasilnya."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 14'09'18 : Daniel 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

  1. Amiin,,, amiiin,,, puji Tuhan, atas kemurahan Tuhan kita dipertobatkan dan menjd buah anggur yg manis. TYM.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT