Devotion 1059 : PENGHUKUMAN AWAL PEMULIHAN

Devotion 1059 - Dr. Heintje Kobstan
PENGHUKUMAN AWAL PEMULIHAN
Bacaan: Yesaya 25

Ada apakah gerangan dengan Yesaya? Mengapa Yesaya menaikan pujian syukur kepada Tuhan karena bangsa-bangsa mengalami penghukuman Tuhan. Apakah Yesaya ingin mereka dihukum dan karena penghukuman itu terjadi maka ia pun bersyukur? Ibaratnya apa yang dinantikan atau diharapkan itulah yang terjadi. Bahkan dalam ini Yesaya malah mengajak seluruh umat untuk menaikan syukur kepada Tuhan untuk kehancuran Yerusalem dan seluruh bumi. Apakah Yesaya termasuk tipe senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang? Namun apakah Yesaya seperti itu orangnya?

Yesaya sebagai juru bicara Tuhan yang memang menyampaikan beberapa ucapan ilahi tentang bangsa-bangsa bahkan termasuk untuk Yehuda. Tetapi bagaimana dengan perasaannya ketika mengucapkan penghukuman itu? Sudah pasti hatinya akan merasa susah dan sedih tetapi ia harus menyampaikannya dan bahkan melihat penghukuman itu terjadi. Tetapi lewat itu semua akhirnya Yesaya mengerti maksud Tuhan akan penghukuman itu sehingga ia pun menaikan ucapan syukur. Mengapa? Karena melalui hukuman yang terjadi umat diharapkan menjadi sadar dan kemudian berbalik kepada Tuhan (ay.4). Di balik kemalangan, ada sesuatu yang indah yang sedang Tuhan wujudkan. Penghukuman merupakan awal dari pemulihan, agar mereka sadar mengapa Allah menghukum mereka. Kesombongan, kekerasan hati, kekejian karena penyembahan berhala, dan berbagai dosa lainnya yang menyebabkan Allah menghukum bangsa-bangsa bahkan berencana untuk menghancurkan seluruh bumi. Dengan penghukuman ini maka umatNya akan berbalik dan hidup dalam kehendak Tuhan serta menjadikan Tuhan sebagai Raja dan satu-satunya Allah yang disembah oleh seluruh bumi. Dan lewat anugerah Tuhan maka rencana keselamatan bagi bangsa-bangsa akan terjadi.

Mereka yang tidak menghormati Tuhan akan mengalami penghukuman dan penghukuman itu yang akan menyadarkan mereka sehingga terjadi pertobatan dan pemulihan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 25:1 "Ya TUHAN, Engkaulah Allahku; aku mau meninggikan Engkau, mau menyanyikan syukur bagi nama-Mu; sebab dengan kesetiaan yang teguh Engkau telah melaksanakan rancangan-Mu yang ajaib yang telah ada sejak dahulu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 13'09'18 : Yehezkiel 37 - 39

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT