Devotion 1058 : DOSA MENGAKIBATKAN HUKUMAN

Devotion 1058 - Dr. Heintje Kobstan
DOSA MENGAKIBATKAN HUKUMAN
Bacaan: Yesaya 24

Seringkali tanpa sadar kita kehilangan rasa bersyukur kepada Tuhan atas kehidupan ini. Manusia dalam ketidaksadarannya sering melupakan Tuhan. Bahkan dengan kekuatannya sendiri mereka tidak lagi berharap pada pertolongan Tuhan. Manusia tidak lagi menghormati Tuhan malah melakukan perbuatan kejahatan dan kekejian yang dibenci Tuhan. Inilah kesombongan manusia yang dipamerkan didepan Tuhan. Bagaimana jika seandainya Tuhan benar-benar menghukum bumi ini? Seperti yang dinubuatkan Yesaya dalam pasal ini bahwa Tuhan akan menanduskan bumi dan akan menghancurkannya? Dapatkah manusia dengan segala kekuatannya bisa bertahan dihadapan Tuhan?

Melalui tulisan apokaliptik ini akan dijelaskan penghakiman Tuhan atas seluruh dunia karena dosa mereka. Pertama-tama penghakiman Tuhan ini akan diarahkan kepada Yehuda (kerajaan selatan) dan Israel (kerajaan utara), kemudian kepada bangsa-bangsa di sekitarnya dan akhirnya seluruh dunia. "Yesaya Apokaliptik (ps.24-27)" ini digenapi ketika Tuhan menghapuskan kejahatan dari dunia. Hukuman Allah ini yang akan datang atas seluruh dunia dan penghuninya; Ia akan membinasakan sebagian besar bumi dan penghuninya. Masa perusakan dunia ini disebut masa kesengsaraan besar dalam PB. Gambaran "Yesaya apokaliptik" ini memberi kita pemahaman bahwa Tuhan tidak menoleransi dosa. Dosa mengakibatkan hukuman. Namun, Tuhan tidak pernah meninggalkan umatNya. Masih ada harapan bagi manusia dan umatNya yang bertobat dan berbalik mencari wajah Tuhan. Inti dari penghukuman Tuhan adalah untuk menghasilkan pertobatan. Karena selama masih ada masa kasih karunia Tuhan,  janganlah hidup hanya untuk bermain-main dalam kubangan dosa. Tetapi tetaplah hidup dalam ketaatan dan kesetiaan kepada Tuhan.

Janganlah hidup hanya untuk bermain-main dalam kubangan dosa, karena ada saatnya engkau tidak akan sempat keluar dari dalamnya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 24:5 "Bumi cemar karena penduduknya, sebab mereka melanggar undang-undang, mengubah ketetapan dan mengingkari perjanjian abadi."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 09'09'18 : Yehezkiel 28 - 30

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT