Devotion 1054 : PADA SIAPA ENGKAU PERCAYA & BERHARAP?

Devotion 1054 - Dr. Heintje Kobstan
PADA SIAPA ENGKAU PERCAYA & BERHARAP?
Bacaan: Yesaya 20

Tuhan bisa memakai siapa saja untuk menjadi alatNya. Pemakaian Tuhan ini akan selalu memberi dampak positif bagi mereka yang menerimanya. Pemakaian Tuhan ini mempunyai waktu, dan tidak dilakukan selamanya. Ketika dipakai Tuhan, haruslah selalu diingat bahwa kita hanya alat saja. Dalam kitab ini, Asyur menjadi perpajangan tangan Tuhan untuk menghukum bangsa-bangsa. Tujuan dari penghukuman ini adalah agar mereka bertobat dan berbalik kembali kepada Tuhan, Sang Pemilik bangsa-bangsa.

Hampir seluruh Timur Tengah kuno ada di bawah bayang-bayang Asyur. Etiopia dan Mesir yang berusaha menentang, berupaya menggalang persekutuan dengan negara-negara kecil di sekitarnya, termasuk Yehuda. Pada pasal ini menjelaskan secara rinci nubuat yang dibuat dalam pasal 19:4. Bagaimanapun, tanggal pasti penggenapan nubuat ini juga diberikan, yaitu 711 SM, ketika Raja Sargon mengutus Tartan (ay. l, AV; bahasa Akad, tartãnu), "panglima perang"-nya untuk menundukkan kota Filistin di Asdod. Azuri, raja Asdod, diturunkan dari takhta (menurut Tawarikh Sargon), dan pemberontakan yang digerakkan oleh Latna ditumpas. Nubuat tentang penaklukan Mesir yang memalukan ini terjadi empat puluh tahun sebelum serbuan Asyur. Mesir menerima hajaran keras karena ia telah berpura-pura menjadi penyelamat Israel dan mengucapkan janji-janji yang ia sendiri tidak dapat tepati, sehingga menjauhkan bangsa Ibrani dari mempercayai sepenuh hati akan Allah semata. Kepada siapa harus berharap? Kehancuran dan kehinaan yang dialami orang-orang Etiopia dan Mesir terjadi tepat seperti yang dinubuatkan Yesaya. Peristiwa ini yang di lain pihak telah menghancurkan harapan banyak bangsa, di pihak lain juga menunjukkan satu-satunya tempat seluruh bangsa menaruh percaya dan harap, yaitu Allah Semesta Alam! Sekarang pastikan dirimu kepada siapa engkau akan menaruh kepercayaanmu dan pengharapanmu?

Kuat tidaknya dirimu menghadapi tekanan masalah dan persoalan hidup tergantung pada siapa engkau menaruh kepercayaan dan pengharapanmu.

#passionateheintje.blogspot.com
Yesaya 20:5 "Maka orang akan terkejut dan malu karena Etiopia, pokok pengharapan mereka, dan karena Mesir, kebanggaan mereka."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 02'09'18 : Yehezkiel 10 - 12

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT