Devotion 1172 : DIBUANG ATAU TERBUANG

Devotion 1172 - Dr. Heintje Kobstan
DIBUANG ATAU TERBUANG
Bacaan: Yehezkiel 15

Apa yang menarik dari pohon anggur? Sudah pasti buahnya. Yang dihargai dari pohon anggur bukan ranting atau batangnya karena tidak mempunyai fungsi atau kegunaan tetapi buahnya. Ranting dan batang hanya bisa dijadikan kayu api saja. Sedangkan buahnya bisa dimakan sebagai buah, bahan pembuat kue atau difermentasi menjadi minuman yang nilai jualnya tinggi. Dalam Perjanjian Lama, Penduduk Yerusalem diumpamakan dengan pokok anggur yang tidak berbuah sehingga tidak berguna karena itu mereka akan dibakar di dalam api (ay.6).

Firman TUHAN datang kepada Yehezkiel untuk menunjukkan bahwa sebagai pohon anggur TUHAN, buah kebenaran dan kesetiaan kepada Tuhan tidak dapat ditemukan di dalam diri mereka (ay.8). Akibatnya adalah pohon anggur itu harus ditebang dan dibakar di dalam api (ay.6) karena sudah tidak berguna lagi. Ini gambaran yang luar biasa menyedihkan. Selama ini api penghukuman yang Allah jatuhkan berfungsi untuk memurnikan umat-Nya, seperti api yang membakar logam mulia, emas dan perak. Namun di sini yang dibakar adalah kayu. Semakin dibakar, semakin habis. Kalau yang masih segar saja tidak berguna, apalagi setelah dibakar (ay.5). Yesus juga mengajarkan bahwa semua orang percaya yang gagal untuk tetap setia kepada-Nya dan tidak berbuah akan dipangkas dan dicampakkan ke dalam api.

Bagaimana dengan hidupmu? Apakah engkau masih berguna bagi kerajaan Allah? Bahwa Allah tidaklah seperti manusia, seperti pepatah habis manis sepat dibuang. Allah tidak pernah membuang manusia, namun manusia itu yang membuang dirinya sendiri dari hadapanNya. Pilihan untuk berbuah atau tidak hanya ada pada pohon anggur itu. Selama masih terus menghasilkan buah maka pohon anggur itu akan tetap terpelihara. Jadi, tetaplah berbuah dan biarlah buahmu tetap.

TUHAN tidak pernah membuang umatNya akan tetapi umatNya yang membuang dirinya sendiri bahkan terhilang dari hadapanNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 15:2  "Hai anak manusia, apakah kelebihan kayu anggur dari semua kayu yang buahnya seperti anggur yang tumbuh di antara kayu-kayu di hutan?"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 27'03'19: 1Samuel 25 - 27

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT