Devotion 1170 : HOAX YANG MENCELAKAKAN

Devotion 1170 - Dr. Heintje Kobstan
HOAX YANG MENCELAKAKAN
Bacaan: Yehezkiel 13

Istilah nabi palsu tidak digunakan dalam PL, tetapi pandangan sejarah menyebut mereka demikian. Ada dua kelompok nabi palsu: mereka yang mewakili beberapa obyek penyembahan selain kepada Allah yang benar, misalnya, Baal, Molok (bdg. pertandingan Elia dengan nabi-nabi Baal, I Raj. 18:19 dst.); dan mereka yang secara salah mengaku berbicara atas nama TUHAN (bdg. perlawanan Mikha terhadap nabi-nabi Ahab, I Raj. 22:5-28). Nabi-nabi palsu ini mempunyai ciri khas adalah bernubuat sesuka hati atas nama TUHAN padahal TUHAN tidak menyuruhnya. Mereka selalu berkata damai sejahtera ternyata tidak ada damai sejahtera.

Nabi palsu menyebarkan berita palsu kepada umat TUHAN, penglihatan tipuan, kata-kata dusta, tenungan-tenungan bohong. Mereka adalah nabi bebal yang mengikuti kata hati mereka sendiri. Bahkan mereka tidak menutup lubang tembok dan mendirikan tembok pertahanan sekeliling rumah umat untuk bertahan pada peperangan di hari Tuhan nanti. Karena hal itu maka tangan TUHAN teracung atas melawan mereka yang telah menyesatkan umatNya. Kemarahan TUHAN juga bukan hanya kepada para nabi, juga kepada para nabiah atau dukun-dukun perempuan. Mereka memberikan tali-tali azimat, mengenakan selubung kepada semua orang, tua dan muda, untuk menangkap jiwa mereka. Mereka melemahkan hati orang benar dengan dusta dan mengeraskan hati orang fasik sehingga mereka tidak bertobat dari dosa-dosanya. Namun mengapa orang benar bisa tertawan dengan berita palsu atau hoax mereka?

Banyak orang percaya bukan mencari TUHAN namun mencari nubuatan atas dirinya lewat hamba-hamba Tuhan. Mereka mencari bahkan mengejar nubuatan, penglihatan, dan karena adanya kebutuhan umat sehingga tercipta kesempatan untuk meraih keuntungan maka hamba-hamba Tuhan pun bernubuat. Namun semua berita itu adalah palsu adanya atau hoax sebab TUHAN tidak berbicara kepada mereka namun mereka berbicara atas keinginan hatinya. Dan ketika umat TUHAN percaya akan nubuatan hoax tersebut maka banyaklah dari mereka yang merugi secara materi bahkan mencelakakan hidup mereka.

Umat TUHAN harus bertumbuh dewasa dalam memahami kebenaran Firman TUHAN agar supaya tidak terjebak dalam berita hoax yang disangka rohani padahal mencelakakan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 13:8 "Sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH, oleh karena kamu mengatakan kata-kata dusta dan melihat perkara-perkara bohong, maka Aku akan menjadi lawanmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 24'03'19: 1Samuel 16 - 18

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT