Devotion 1171 : PENYEMBAHAN PALSU

Devotion 1171 - Dr. Heintje Kobstan
PENYEMBAHAN PALSU
Bacaan: Yehezkiel 14

Perselingkuhan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik suami maupun istri. Mereka menjalin hubungan dengan orang lain yang bukan pasangannya. Tetapi, pada zaman sekarang istilah perselingkuhan ini memiliki definisi tersendiri yang berbeda-beda tergantung dari individu yang melihatnya. Selingkuh adalah istilah yang umum digunakan terkait perbuatan atau aktivitas yang tidak jujur dan menyeleweng terhadap pasangannya, baik pacar atau suami isteri. Istilah ini umumnya digunakan sebagai sesuatu yang melanggar kesepakatan atas kesetiaan hubungan seseorang. Apakah perselingkuhan bisa terjadi secara rohani?

Perselingkuhan rohani bisa saja terjadi seperti yang ditemukan di pasal ini. Apakah TUHAN tidak mengetahui isi hati seseorang? Ia menyatakan kepada Yehezkiel bahwa beberapa tua-tua dari orang Israel yang datang padanya ternyata menjunjung berhala didalam hati mereka. Juga ada batu sandungan di hadapan mereka yang akan membuat mereka jatuh ke dalam penghukuman. Mereka datang kepada Yehezkiel untuk meminta petunjuk dari TUHAN. Mereka beribadah kepada TUHAN tetapi hati mereka menjauh dariNya. Secara fisik mereka terlihat beribadah namun ternyata hati mereka telah mendua. Hati mereka telah diberikan kepada berhala sehingga penyembahan mereka kepada TUHAN adalah penyembahan palsu. Penyembahan adalah memberikan seluruh kehidupan kepada TUHAN yang dimulai dari hati. Mereka yang hidup seperti ini telah memicu permusuhan dengan TUHAN, dan kelak pasti akan jatuh dalam penghukuman.

Apakah TUHAN bisa cemburu? Iya, jika Ia diduakan. Bagaimana menduakanNya? Jika secara fisik kita beribadah namun hati ini telah menjauh dariNya. Hati yang menjunjung berhala adalah hati yang condong kepada dunia dan segala kenikmatannya. Hati seperti ini adalah hati yang penuh penyembahan kepada dunia. Ini adalah perselingkuhan rohani yaitu hati yang telah menduakan TUHAN demi dunia. Jangan salahkan TUHAN jika doa-doamu tidak dijawab olehNya karena hatimu penuh dengan kekejian.

Penyembahan palsu adalah persoalan hati yang telah menduakan TUHAN demi dunia dan segala kenikmatannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 14:3 "Hai anak manusia, orang-orang ini menjunjung berhala-berhala mereka dalam hatinya dan menempatkan di hadapan mereka batu sandungan, yang menjatuhkan mereka ke dalam kesalahan. Apakah Aku mau mereka meminta petunjuk dari pada-Ku?"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 26'03'19: 1Samuel 22 - 24

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT