Devotion 1165 : PERSELINGKUHAN ROHANI

Devotion 1165 - Dr. Heintje Kobstan
PERSELINGKUHAN ROHANI
Bacaan: Yehezkiel 8

Dalam pasal ini, Yehezkiel mendapatkan penglihatan dimana ia dibawa oleh TUHAN ke Bait Suci. Disini ia melihat perbuatan keji yang dilakukan baik oleh para pemimpin dan umat TUHAN. Ada 4 kegiatan keji di Bait Suci, yaitu: 1. Bangsa Israel meletakkan berhala cemburuan di dekat jalan masuk gerbang mezbah (ay.6). 2. Ukiran berbagai binatang najis dan berhala di bagian dalam tembok bait Allah (ay.10) yang sedang disembah oleh 70 tua-tua Israel (ay.11). 3. Penyembahan kepada dewa Tamus (ay.14) dan 4. Penyembahan kepada dewa Matahari (ay.16).

Ada apa dengan Israel? Mengapa dengan berani mereka mencemari Bait Suci dengan berhala kekejian? Mereka mengira bahwa TUHAN tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh mereka. Apakah TUHAN tidak mengetahui kalau Israel sedang melakukan perselingkuhan rohani? Apakah mereka tidak mengetahui oleh karena perselingkuhan rohani mereka itulah yang telah membuat TUHAN meninggalkan tempat kediamannya? Karena kemuliaan TUHAN telah meninggalkan Bait Suci, jadi siapakah yang disembah oleh orang Israel di Bait Suci? Bait Suci atau Rumah TUHAN bisa dimengerti sebagai tempat tinggal Allah di bumi ini. Bait adalah istana, tempat raja bertakhta. Secara khusus "bait TUHAN" menunjuk ke ruangan maha kudus di bait Allah. Penajisan istana Raja Israel ini sama saja dengan upaya pemberontakan. Yesus mengatakan dengan tegas bahwa bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya tetapi hatinya jauh dari pada-Ku.

Bagaimana dengan Rumah TUHAN atau Gereja di masa kini? Gereja bisa sebagai tempat persekutuan orang percaya atau tubuh kita sebagai Bait Allah. Jangan sampai kemuliaan TUHAN telah meninggalkan ibadah kita karena sebagai umat TUHAN kita telah melakukan perselingkuhan rohani dengan berhala-berhala kekejian masa kini dalam Rumah Tuhan. Berawaslah agar jangan sampai ibadahmu bukan lagi sebagai pemujaan kepada TUHAN yang benar tetapi hanya sebagai tempat pelepasan emosi saja dan tempat memamerkan segala berhalamu. Camkanlah!

Salah satu alasan TUHAN meninggalkan Rumah Kediamannya adalah karena umatNya telah mencemari Rumah TUHAN dengan melakukan perselingkuhan rohani didalamnya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 8:6 "Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, kaulihatkah apa yang mereka perbuat, yaitu perbuatan-perbuatan kekejian yang besar-besar, yang dilakukan oleh kaum Israel di sini, sehingga Aku harus menjauhkan diri dari tempat kudus-Ku? Engkau masih akan melihat perbuatan-perbuatan kekejian yang lebih besar lagi."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 12'03'19: Hakim 4 - 6

#kingdomdevotion
------------
Ibadah itu mengandung janji... firman TUHAN ini disampaikan di GBI Nafiri Sion Desa Kurra...

https://youtu.be/W7IrCBLaFdo

Silahkan share link ini dan jangan lupa subscribe channel YouTube ini... Gbu 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT