Devotion 1164 : JATUH TEMPO

Devotion 1164 - Dr. Heintje Kobstan
JATUH TEMPO
Bacaan: Yehezkiel 7

Istilah jatuh tempo sudah tidak asing lagi apalagi dalam bidang keuangan. Jatuh tempo adalah tenggat waktu pembayaran atau pelunasan hutang piutang ataupun penerimaan sesuatu dengan waktu yang telah ditetapkan. Bagaimana dengan Israel? Waktu pembayaran bagi Israel telah jatuh tempo dan Israel harus membayar semua kesalahannya kepada TUHAN. TUHAN telah melakukan penagihan melalui Yehezkiel dan tidak ada lagi perpanjangan waktu bagi Israel. Akankah Israel dapat membayar semua kesalahannya? Harga yang harus mereka bayar adalah penderitaan. TUHAN tidak menuntut lebih atau kurang daripada itu.

Berulang kali disebutkan bahwa penghakiman Tuhan adalah selaras dengan perbuatan keji mereka (ay. 3, 4, 8, 9, 27). Mereka telah mendapatkan kesempatan untuk bertobat berulang kali namun mereka mengabaikannya. Mereka menolak dan tetap pada jalan-jalannya yang jahat. Sehingga Yehezkiel berseru "inilah saatnya bagi Yerusalem". Mereka akan kehilangan pengharapan, merasa takut, dan malu. Uang berapa pun jumlahnya tidak akan dapat menyelamatkan (ay. 17-19). Mereka mencari keselamatan namun sudah tidak ada lagi.  (ay. 25). Bahkan TUHAN pun telah meninggalkan mereka yang ditandai oleh sudah lenyap penglihatan para nabi, pengajaran Taurat Allah, dan nasihat para orang-tua. Pada waktu itu yang tersisa bagi Israel adalah ketakutan, bencana demi bencana dan perkabungan yang sangat atas mereka.

Pasal ini memberikan pelajaran penting baik bagi seluruh manusia khususnya umat TUHAN. Segeralah berbalik dari jalan-jalanmu yang jahat. Adakanlah seruan pertobatan sebelum semuanya terlambat. Carilah kehendak Tuhan dan hiduplah didalamnya. Selama masih ada kesempatan janganlah disia-siakan jika tidak maka yang tersisa hanyalah ratap tangis penderitaan serta penyesalan yang mendalam.

Selama masih ada kesempatan, segeralah bertobat dan hidup dalam kehendakNya kelak ketika kesempatan itu lenyap maka hanya ada kesengsaraan dan penyesalan yang mendalam.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 7:26 "Bencana demi bencana akan datang, kabar demi kabar akan tersiar. Mereka akan menginginkan suatu penglihatan dari nabi, pengajaran hilang lenyap dari imam, dan nasihat dari tua-tua."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 11'03'19: Hakim 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT