Devotion 1167 : IBADAH YANG MATI

Devotion 1167 - Dr. Heintje Kobstan
IBADAH YANG MATI
Bacaan: Yehezkiel 10

Jika dalam pasal sebelumnya menyatakan bahwa penghakiman akan dimulai dari rumah TUHAN atau Bait Suci, di pasal ini Yehezkiel kembali mendapatkan penglihatan tentang kemuliaan TUHAN. Yehezkiel melihat takhta yang berada di atas kerub. Dan kemudian ia melihat kemuliaan TUHAN meninggalkan tempat Mahakudus, dan pergi keatas ambang pintu Bait Suci. Kemuliaan itu akhirnya pergi meninggalkan Bait Suci dan naik keatas kerub itu dan kemudian pergi ke pintu gerbang sebelah Timur dan dari situ meninggalkan wilayah Bait Suci sama sekali. Akhirnya, kemuliaan ilahi meninggalkan kota Yerusalem dan tinggal di bukit Zaitun.

Mengapa kemuliaan TUHAN meninggalkan Bait Suci? Karena kenajisan penyembahan berhala yang dilakukan oleh para pemimpin dan imam-imam di Bait Suci. Jika melihat tahapan perpindahan kemuliaan TUHAN maka sebenarnya Allah segan untuk meninggalkan Bait Suci. Tetapi karena dosa dan kebejatan bangsa inilah yang memaksa Allah untuk pergi meninggalkan Bait SuciNya. Bagaimana dengan Gereja saat ini? Gereja adalah Bait SuciNya apakah itu berbicara persekutuan umat TUHAN ataupun pribadi tempat berdiam Roh Allah. Hal yang sama bisa terjadi yaitu kemuliaan TUHAN meninggalkan Bait Suci jika para pemimpin mengijinkan dosa, praktek-praktek duniawi dan perselingkuhan rohani terjadi didalamnya. Maka kemuliaan TUHAN akan meninggalkan Gereja dan lihatlah Gereja hanya tinggal dengan segala aktifitas liturgianya saja. Akibatnya Gereja hanya menjadi tempat panggung sandiwara dan tiada lagi kuasa dan manisfestasi Roh Kudus ditengah jemaat. Gereja hanya menjadi rumah biasa, semua ibadah didalamnya hanyalah bersifat jasmaniah.

Pelajaran penting, Gereja bisa saja terus menyelenggarakan ibadah tanpa menyadari bahwa kemuliaan TUHAN telah meninggalkannya. Gereja bisa berjalan karena mengandalkan manajemen yang baik, suasana ibadah yang full of entertainment layaknya sebuah pertunjukan atau konser professional yang sangat menghibur. Jemaat akan tetap hadir dan menikmatinya namun yang ada hanyalah kehampaan. Ibadah tanpa perubahan hidup, pertobatan dan kuasa manisfestasi Roh Kudus adalah ibadah yang mati. Hal ini disebabkan karena kemuliaan TUHAN telah meninggalkan Gereja. Waspadalah!

Beribadah namun terasa hampa bisa saja hal ini terjadi karena kemuliaan TUHAN telah meninggalkan Gereja, waspadalah!

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 10:18 "Lalu kemuliaan TUHAN pergi dari ambang pintu Bait Suci dan hinggap di atas kerub-kerub."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 14'03'19: Hakim 10 - 12

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT