Devotion 1160 : MENGALAMI FIRMAN TUHAN

Devotion 1160 - Dr. Heintje Kobstan
MENGALAMI FIRMAN TUHAN
Bacaan: Yehezkiel 3

Yehezkiel mendapat tugas dari TUHAN yaitu untuk memberitakan firman TUHAN kepada Yehuda. Yang terpenting bagi TUHAN adalah Yehezkiel melaksanakan tugas itu dengan setia, tidak peduli mereka bertobat atau tidak karena mereka adalah bangsa pemberontak. Hal ini tidak berarti TUHAN hanya senang melihat pekerjaan pelayanan bukan pertobatan bangsa itu. Bahwa TUHAN mau agar orang Yehuda mengetahui bahwa ada seorang nabi ditengah mereka. Melaui nabi itu, mereka diberikan kesempatan untuk bertobat.

Bagaimanakah respon Yehezkiel terhadap firman Allah? Yehezkiel meresponi setiap firman Allah yang datang padanya dengan taat. Bahkan Yehezkiel dengan penuh totalitas menaati firman itu dengan memakan gulungan kitab itu. Ketika ia memakannya rasanya manis seperti madu. Dengan memakan gulungan kitab itu Yehezkiel melambangkan bahwa dia harus menerima berita Allah tersebut dan menyerahkan diri kepadaNya sebelum memberitakannya kepada umat. Hal ini menyatakan bahwa Yehezkiel menaati firman TUHAN sepenuhnya. Dengan menaati firman TUHAN, maka TUHAN mengaruniakan  kekuatan ilahi untuk memberitakan firmanNya walau isinya bertentangan dengan pengharapan Israel. Yehezkiel juga dipanggil untuk menjadi penjaga Israel yaitu, orang yang menjadi mata-mata, atau seorang pengawal. Tugas Yehezkiel adalah memperingatkan orang Israel akan firman TUHAN. Yehezkiel bertanggung jawab atas penyampaian pesan Allah dengan setia, bukan atas keberhasilan atau kegagalan pesan tersebut (ay.17-19).

Hari ini kita belajar bahwa kehadiran seorang nabi ditengah umatNya adalah sangat penting. Kehadiran hamba TUHAN adalah untuk menyatakan firman TUHAN kepada seluruh umatNya dan menjaga mereka seperti seorang Gembala. Untuk mengerjakan tugas ini maka hamba TUHAN itu harus menaatinya dengan sepenuh hati. Hamba TUHAN itu harus mengalami firman TUHAN yang mengubah hidupnya terlebih dahulu baru kemudian ia menyatakannya kepada seluruh umat TUHAN. Lebih baik menaati firman TUHAN daripada mengabaikanNya.

Seorang hamba TUHAN harus mengalami firman TUHAN yang mengubah hidupnya terlebih dahulu baru kemudian ia menyatakannya kepada seluruh umat TUHAN.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 3:17 (TB)  "Hai anak manusia, Aku telah menetapkan engkau menjadi penjaga kaum Israel. Bilamana engkau mendengarkan sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka atas nama-Ku.

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 03'03'19: Yosua 1-3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT