Devotion 1168 : TUHAN YANG MENEGUHKAN

Devotion 1168 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN YANG MENEGUHKAN
Bacaan: Yehezkiel 11

Ditanah Yehuda telah melakukan sinkritisme dalam agama. Dan Yehezkiel mengecam akan hal itu. Dia juga mengecam keyakinan yang salah dari para pemimpin di Yerusalem yang merasa bahwa kota tersebut aman dan bahwa penduduknya mempunyai moral yang lebih baik daripada orang-orang buangan yang telah diangkut ke Babel pada tahun 597 SM (ay. 1-13). Namun karena sinkritisme tersebut maka TUHAN tidak berkenan dan kemuliaanNya meninggalkan Bait Suci. Tetapi bagi mereka yang berada dalam pembuangan ada janji pemulihan dari TUHAN.

Yehezkiel menyampaikan sebuah pesan tentang pengharapan bagi orang-orang buangan, yang menyatakan bahwa Allah akan mengganti hati mereka yang keras dengan hati yang taat (ay. 14-21). Dalam hal ini, ada dua keadaan yang dihadapi oleh Yehezkiel. 1. Mereka yang merasa aman, damai dan tentran karena tetap berada di Yeruslaem, dan 2. Mereka yang resah, tidak berbahagia karena hidup dalam pembuangan, jauh dari tanah pusaka mereka. Kepada yang pertama Yehezkiel harus memberitakan penghukuman dan kehancuran yang bertujuan untuk meresahkan hati yang merasa damai dan tentran sebab keyakinan mereka tidak berdasarkan firmanNya. Dan yang kedua, memberitakan janji pemulihan terhadap mereka diberikan untuk menentramkan dan menghiburkan hati mereka. Karena itu, Yehezkiel harus berani dan tidak merasa sungkan untuk menyampaikan berita itu. Mengapa? Karena ia berhadapan dengan para pemimpin dan orang-orang yang ia kenal.

Setiap orang percaya harus membawa dua berita. Yaitu, berita penghukuman dan berita pemulihan atau keselamatan. Penghukuman bahwa TUHAN akan menghukum setiap mereka yang berdosa dan hidup jauh dari TUHAN. Sedangkan berita pemulihan bahwa ada janji keselamatan dan pengampunan dosa melalui Yesus Kristus jika mereka bertobat dan percaya kepadaNya. Jangan takut untuk memberitakannya sebab TUHAN yang akan menyertai dan memelihara hidupmu serta meneguhkan berita itu.

Jangan takut untuk memberitakan kabar penghukuman dan kabar keselamatan sebab Tuhanlah yang akan meneguhkannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 11:5 "Maka Roh TUHAN meliputi aku dan TUHAN berfirman kepadaku: "Katakanlah: Beginilah firman TUHAN: Kamu berkata-kata begini, hai kaum Israel, dan Aku tahu apa yang timbul dalam hatimu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 18'03'19: Rut 1 - 4

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT