Devotion 1162 : HARGA SEBUAH PANGGILAN

Devotion 1162 - Dr. Heintje Kobstan
HARGA SEBUAH PANGGILAN
Bacaan: Yehezkiel 5

Dalam pasal ini, TUHAN menyuruh Yehezkiel untuk menggunakan pedang sebagai simbol penghukuman. Pedang yang seharusnya dipakai sebagai alat untuk berperang namun kali ini hanya digunakan untuk memotong rambut. Bisa saja pedang digunakan untuk memotong rambut namun fungsinya bisa lebih dari itu. TUHAN menyuruh Yehezkiel untuk memotong rambunya dengan pedang dan rambut potongan itu dibagi menjadi tiga bagian. Ada yang harus dibakar ditengah, ada yang ditetak dengan pedang sekelilingnya dan ada yang harus diterbangkan oleh angin. Dan Yehezkiel harus mengambil sedikit dari rambutnya dan membungkus didalam kain puncanya. Hal ini melambangkan nasib yang akan dialami penduduk Yerusalem.

Apa arti dari tindakan simbolik itu? yang dibakar melambangkan mereka yang akan mati kena sampar atau kelaparan; sepertiga yang kedua akan mati oleh pedang; dan sepertiga yang lain akan tersebar dalam pembuangan (ay.12). Walau demikian masih ada segelintir orang Israel yang akan diselamatkan Tuhan, itulah arti dari rambut yang disimpan dalam kain punca. Mencukur rambut dan janggut pada masa itu bisa merupakan tindakan perkabungan, bisa juga dimengerti sebagai suatu kehinaan. Umat Tuhan akan mengalami kehinaan yang sangat oleh perbuatan tangan Tuhan sendiri atas dosa-dosa mereka. Semua tindakan simbolik yang Yehezkiel lakukan terlihat seperti tindakan yang hina dan sangat memalukan. Tetapi mengapa Yehezkiel tetap saja melakukan tindakan itu? Inilah panggilan TUHAN kepada Yehezkiel, agar setiap orang Israel tahu bahwa ada nabi TUHAN ditengah-tengah mereka. Dan sebagai hamba TUHAN, Yehezkiel harus tetap setia dengan panggilan TUHAN itu. Walaupun beban penderitaan penghukuman seperti inilah yang harus ditanggung oleh Yehezkiel.

Tekanan pelayanan terkadang sangat memberatkan kehidupan seorang hamba TUHAN. Karena tekanan itu akhirnya membuat beberapa dari hamba TUHAN akhirnya menyerah dan meninggalkan ladang pelayanan. Harga dari sebuah panggilan adalah pengorbanan harga diri. Tanpa mengorbankan harga diri maka kita tidak layak untuk melayani TUHAN. Inilah yang membuat Yehezkiel menjadi kuat, sebab ia tahu siapa dirinya dihadapan TUHAN.

Seorang pelayan harus mengetahui siapa dirinya dihadapan Sang Tuan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yehezkiel 5:1 "Dan engkau, anak manusia, ambillah sebilah pedang yang tajam dan pakailah itu sebagai pisau cukur tukang pangkas; cukurlah rambutmu dan janggutmu dengan itu; lalu ambillah sebuah timbangan dan bagi-bagilah rambutmu."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 07'03'19: Yosua 13 - 15

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT