Devotion 1126 : DEGRADASI ROHANI

Devotion 1126 - Dr. Heintje Kobstan
DEGRADASI ROHANI
Bacaan: Yeremia 26

Bagaimanakah reaksi Anda ketika mendengar berita bahwa TUHAN akan menghukum tempat dimana engkau berdiam? Dan penghukuman itu tidak akan terjadi jika engkau dan semua yang berdiam didalamnya bertobat dan berbalik dari jalan-jalanmu yang jahat? Dan berita itu disampaikan oleh seorang pemuda yang bukan siapa-siapa? Apakah engkau percaya dan memberi diri untuk bertobat, atau menganggap itu kabar angin saja, atau malah menghakimi dengan lalim si pembawa berita tersebut? Pastilah akan ada beragam tanggapan tetapi yang pasti ketika Yeremia memberitakan berita penghukuman atas rumah TUHAN di Yerusalem, ia malah akan dibunuh oleh para pemimpin dan para imam yang ada di bait suci.

Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi degradasi rohani yang sangat buruk yang dimulai dari kalangan rohaniawan yang berkompromi dengan dosa dan kebejatan. Sehingga degradasi itu pun sampai pula kepada masyarakat umum, sebab yang menjadi panutan mereka telah hidup berkompromi dengan dosa. Karena itu, TUHAN berkehendak untuk menghukum bait suci dan semua yang didalamnya bahkan kota Yerusalem menjadi kota yang terkutuk. Namun penghukuman itu tidak akan terjadi jika para pemimpin, rohaniawan dan seluruh rakyat bertobat dan berbalik dari jalan-jalanmu mereka yang jahat. Jika dilihat dari syaratnya itu tidaklah berat untuk dilakukan. Tetapi karena dosa sudah begitu menguasai mereka maka yang terjadi adalah mereka ingin membunuh Yeremia. Yeremia pun membela diri dengan mengatakan bahwa TUHANlah yang telah menyuruhnya untuk memberitakan berita tersebut. Yeremia hanya berpasrah kepada Tuhan, maka ia pun mengalami keluputan. Yeremia berani menanggung resiko bahkan sampai nyawanya pun diberikannya untuk memberitakan firman TUHAN. Totalitas pelayanan Yeremia ternyata membawa dampak kepada kumpulan mereka yang terdegradasi kerohaniannya. Karena itu, hendaklah setiap yang melayani TUHAN, melayanilah dengan totalitas hidup kita.

Ditengah degradasi rohani yang melanda umat TUHAN, disana ada tuntutan untuk melayani TUHAN dengan memberikan totalitas hidup kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 26:8 "Lalu sesudah Yeremia selesai mengatakan segala apa yang diperintahkan TUHAN untuk dikatakan kepada seluruh rakyat itu, maka para imam, para nabi dan seluruh rakyat itu menangkap dia serta berkata: "Engkau harus mati!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 31'12'18: Wahyu 22
Selamat Anda telah membaca Alkitab selama setahun lewat program BERGEMA... Terus lanjutkan! Gbu

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT