Devotion 1113 : JIKA TAK BERGUNA LAGI

Devotion 1113 - Dr. Heintje Kobstan
JIKA TAK BERGUNA LAGI
Bacaan: Yeremia 13

Yeremia disuruh TUHAN untuk membeli ikat pinggang lenan dan mengikatkannya dipinggang. Setelah itu TUHAN menyuruh Yeremia menyembunyikannya dicelah batu di sungai Efrat. Akhirnya ikat pinggang lenan itu menjadi lapuk dan tidak berguna lagi. Tindakan simbolis Yeremia itu adalah suatu pelajaran bersifat perumpamaan. Israel dan Yehuda adalah ikat pinggang lenan yang dipakai Tuhan, yang melambangkan ikatan erat yang pernah ada di antara mereka ketika mereka setia kepadaNya. Kini umat itu menjadi tidak berguna dan harus dibuang, sebagaimana dilakukan Yeremia dengan ikat pinggang itu.

Hal yang kedua yang Tuhan suruh Yeremia lakukan adalah mengatakan kepada Yehuda agar setiap buyung dipenuhi dengan anggur. Buyung adalah buli-buli besar dari tanah liat, tempat menyimpan minyak, biji-bijian atau anggur. Bangsa Yehuda yang dilambangkan sebagai buyung anggur telah kehilangan fungsinya (ay. 11). Hidup di luar Tuhan tidak pernah menghasilkan kebaikan. Ibarat meminum anggur yang memabukkan, demikian orang yang berupaya hidup di luar Tuhan. Umat apalagi mereka yang memiliki posisi sebagai pemimpin akan menanggung akibat fatal bila keluar dari maksud Allah (ay. 13). Mereka sekarang tidak berguna dan hanya pantas dihancurkan. Apakah yang dapat kita pelajari dari kedua perumpamaan ini? Ikat pinggang dan buyung mempunyai fungsi yang berbeda. Tetapi bagaimana jika keduanya tidak lagi berfungsi dan tidak berguna? Maka yang pasti akan dibuang atau dihancurkan. Seperti Yesus katakan, "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang" (Mat.15:13). Jangan hanya berdasi tetapi tidak berfungsi! Karena itu, umat TUHAN jangan hanya berdiam diri tetapi berfungsilah sesuai dengan panggilan Tuhan. Dan umat TUHAN yang sudah terjun dalam panggilan TUHAN, jangan sampai kehilangan fungsi dan tak berguna lagi. Tetap semangat melayani TUHAN sesuai dengan panggilan Tuhan.

Umat TUHAN jangan hanya berdiam diri tetapi berfungsilah sesuai dengan panggilan Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 13:16 "Permuliakanlah TUHAN, Allahmu, sebelum Ia membuat hari menjadi gelap, sebelum kakimu tersandung di atas bukit-bukit yang diliputi senja, sementara kamu menanti-nantikan terang, tetapi Ia menjadikan hari kelam pekat dan mengubahnya menjadi gelap gulita."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 03'12'18 : Galatia 1-3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT