Devotion 1120 : PELAYAN TUHAN YANG FRUSTASI

Devotion 1120 - Dr. Heintje Kobstan
PELAYAN TUHAN YANG FRUSTASI
Bacaan: Yeremia 20

Yeremia adalah seorang nabi yang luar biasa yang menunjukkan keberaniannya memberitakan kebenaran dan penghukuman dari TUHAN. Ia melawan arus saat itu, namun disisi lain ia adalah nabi yang selalu mengeluh dengan tugasnya. Yeremia menghadapi berbagai tantangan, baik dari para imam, saudaranya sampai bangsanya sendiri. Bahkan dalam dirinya berkecamuk perasaan yang saling bertentangan. Disatu sisi ia mengalami perasaan berupa kesedihan yang sangat dan perasaan tertekan yang mendalam, namun disisi lain ia memiliki rasa percaya dan iman yang teguh kepada Allah.

Karena begitu frustasinya Yeremia maka ia pun mengutuki hari kelahirannya. Ia menyatakan sebaiknya ibunya tidak melahirkannya atau membiarkan ia mati saja dalam kandungannya. Tetapi mengapa Yeremia tetap bertahan memberitakan firman TUHAN? Memang benar banyak tantangan dan tekanan tetapi itu tidak menghancurkan hidupnya. Hal ini disebabkan karena Yeremia mengerti panggilan TUHAN atas hidupnya. Ketika ia berpikir: "Aku tidak mau mengingat Dia dan tidak mau mengucapkan firman lagi demi namaNya", maka dalam hati Yeremia ada sesuatu yang seperti api yang menyala-nyala, terkurung dalam tulang-tulangnya; ia berlelah-lelah untuk menahannya, tetapi ia tidak sanggup. Itulah gairah yang kuat dari panggilan TUHAN. Jika kita mengerti panggilan TUHAN dan menghidupinya maka walaupun banyak tantangan dan tekanan, panggilan itu akan semakin meneguhkan dan menguatkan. Berbeda dengan mereka yang melayani TUHAN tanpa mengerti panggilanNya maka dengan tantangan dan tekanan sedikit saja akan membuat ia lari meninggalkan pelayanannya. Alkitab menyodorkan satu contoh kehidupan pelayan Tuhan yang setia. Hidupnya sama sekali tak mudah, penuh pergumulan dan kejutan, tetapi di balik itu semua Tuhan berkarya menguatkan dan mengokohkannya dengan meneguhkan panggilanNya kepada hambaNya yang setia.

Ketika kita mengetahui dan menghidupi panggilan TUHAN maka Ia sendiri yang akan terus meneguhkan panggilanNya itu walau disaat kita melintasi kelamnya kehidupan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 20:11 "Tetapi TUHAN menyertai aku seperti pahlawan yang gagah, sebab itu orang-orang yang mengejar aku akan tersandung jatuh dan mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka akan menjadi malu sekali, sebab mereka tidak berhasil, suatu noda yang selama-lamanya tidak terlupakan!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 19'12'18: Yakobus 1 - 5

#kingdomdevotion

Komentar

  1. kamsia ko.sangat memberkati. kita harus menanggapi panggilanTuhan kepada setiap umat Nya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT