Devotion 1122 - BUKTI DARI MENGENAL TUHAN

Devotion 1122 - Dr. Heintje Kobstan
BUKTI DARI MENGENAL TUHAN
Bacaan: Yeremia 22

Jika sebelumnya Yeremia didatangi utusan raja Zedekia untuk memohon agar ia berdoa meminta pertolongan TUHAN atas serangan Babel, tetapi kali ini Yeremia malah disuruh TUHAN untuk mendatangi istana raja. Kedatangan ini bukan bermaksud untuk mendoakan Yehuda tetapi malah untuk menyampaikan pesan TUHAN kepada Zedekia, raja Yehuda beserta seluruh isi istananya. Nubuatan itu berbicara agar baik raja maupun semua orang Yehuda agar mereka tidak melakukan kejahatan, pemerasan, penindasan, tidak menghargai janda dan anak yatim serta menumpahkan darah orang yang tidak bersalah. Bagaimana seandainya jika Anda adalah Yeremia yang disuruh TUHAN untuk menyampaikan firman TUHAN di istana negara?

Jika pihak istana tidak mendengar firman TUHAN yang disampaikan Yeremia maka melalui pintu gerbang tempat keluar masuk mereka akan dimasuki raja-raja negara lain. Dan juga TUHAN akan membuat istana itu menjadi reruntuhan serta kota itu menjadi padang gurun yang tidak akan ditinggali seorangpun. Kejatuhan Yehuda adalah bentuk penghukuman Tuhan dan ini dinilai sebagai akibat dosa para pemimpin khususnya tiga raja terakhir sebelum Zedekia, yaitu Salum (Yoahas), Yoyakim, dan Konya (Yoyakhin). Keadilan dan kebenaran yang merupakan kehendak Tuhan telah diinjak-injak. Walau Yosia telah melakukan perubahan atau restorasi rohani tetapi ternyata itu tidak diikuti oleh para pewaris takhta selanjutnya. Kehidupan Yosia adalah contoh kehidupan seorang raja yang hidupnya mengenal TUHAN. Di dalam PL kata 'mengenal' merupakan terjemahan dari kata ibrani 'yada' yang berarti mendapatkan pengetahuan kemudian mengembangkan pemahaman berdasarkan pengetahuan itu dan akhirnya meresponinya sesuai dengan kehendakNya. Pengenalan kita kepada Allah bukan dibuktikan hanya dengan berbagai aktivitas rohani seperti membaca Alkitab, berdoa, beribadah, atau memberikan persembahan. Tetapi pengenalan kita kepada TUHAN dibuktikan dengan gaya hidup sehari-hari. Salah satu contoh hidup mengenal TUHAN adalah melakukan keadilan dan kebenaran setiap hari.

Mengenal TUHAN tidak dapat dibuktikan hanya kerena melakukan aktifitas rohani saja tetapi ditunjukan melalui gaya hidup sehari-hari seperti melakukan keadilan dan kebenaran.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 22:3 "Beginilah firman TUHAN: Lakukanlah keadilan dan kebenaran, lepaskanlah dari tangan pemerasnya orang yang dirampas haknya, janganlah engkau menindas dan janganlah engkau memperlakukan orang asing, yatim dan janda dengan keras, dan janganlah engkau menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tempat ini!"

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 22'12'18: 1Yoh. 4 - 5; 2Yoh. 1; 3Yoh.1; Yud.1

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT