Devotion 1114 : MEREKA YANG DITINGGALKAN

Devotion 1114 - Dr. Heintje Kobstan
MEREKA YANG DITINGGALKAN
Bacaan: Yeremia 14

Satu masa akan melupakan masa yang lain. Ketika masa menanam dan menuai datang maka kelimpahan dan sukacita terjadi. Namun ketika masa kekeringan dan kelaparan terjadi maka sekejap masa kelimpahan dan sukacita sebelumnya akan terlupakan. Begitu juga dengan Yehuda yang meninggalkan TUHAN dimasa yang berkelimpahan tetapi ketika kekeringan datang melanda maka dengan segera mereka berbalik dan melupakan masa kelimpahan itu dan memohon pertolongan TUHAN dimasa kekeringan.

Ketika di masa senang, semuanya terlihat berhasil dan sukses maka Yehuda meninggalkan TUHAN. Mereka melarikan diri dari hadapan TUHAN dan mereka tidak dapat menguasai atau menahan diri dari ketertarikan para penggoda yaitu berhala bangsa-bangsa. Ketika masa kesesakan tiba dan keadaan berubah menjadi buruk barulah mereka mengingatkan TUHAN. Yeremia pun dipaksa untuk berdoa bagi mereka. Tetapi TUHAN berkata kepadaku, "Jangan minta Aku menolong orang-orang itu.Sekalipun mereka berpuasa, Aku tidak mau memperhatikan seruan mereka minta tolong; dan sekalipun mereka mempersembahkan kepadaKu kurban bakaran dan kurban gandum, Aku tidak akan senang dengan mereka. Sebaliknya, Aku akan menumpas mereka dengan perang, kelaparan, dan wabah penyakit." (Ay.11-12 BIMK). Para nabi-nabi telah bernubuat untuk memenuhi tuntutan kenyamanan mereka bahwa tidak akan ada kelaparan, kesusahan, peperangan, semua akan berjalan baik. Tetapi TUHAN tidak pernah menyuruh mereka bernubuat demikian. Karena baik yang mendengar maupun para nabi yang bernubuat palsu akan mati dalam peperangan dan kelaparan. Ketika TUHAN berbalik dan meninggalkan umatNya maka kesengsaraanlah yang akan terjadi, atau istilah jaman now, "maka kelar hidup loe". Mereka yang lari meninggalkan TUHAN dalam kesenangan dan sukacita, kini mereka ditinggalkan TUHAN dalam kesesakan dan ratap tangis memohon pertolonganNya. Umat TUHAN jaman now, Yehuda adalah sebuah pelajaran kehidupan agar jangan sampai TUHAN meninggalkan umatNya karena perbuatan dan tingkah laku umatNya sendiri. Dan bila itu terjadi maka kelar hidup loe!!!

Hiduplah selalu dalam kehendak TUHAN  supaya jangan sampai TUHAN berbalik dan meninggalkanmu, dan jika itu terjadi maka kelar hidup loe!!!

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 14:10 "Beginilah firman TUHAN tentang bangsa ini: "Mereka sangat senang mengembara dan tidak menahan kakinya. Sebab itu TUHAN tidak berkenan kepada mereka; tetapi sekarang Ia mau mengingat kesalahan mereka dan mau menghukum dosa mereka."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 05'12'18 : Efesus 1-3

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT