Devotion 1118 : TIDAK DIBUANGNYA

Devotion 1118 - Dr. Heintje Kobstan
TIDAK DIBUANGNYA
Bacaan: Yeremia 18

Kali ini TUHAN menyuruh Yeremia ke rumah tukang periuk. Ia diperintahkan untuk memperhatikan apa yang sedang dilakukan oleh si tukang periuk. Bila setiap bejana yang sementara dibuat itu rusak, ia tidak membuangnya tetapi dibentuk kembali dengan model yang lain yang baik dalam pemandangannya. Tuhan sedang mengajar kepada Yeremia, bahwa seperti tukang periuk, TUHAN itu sedang memproses kehidupan kita sesuai rencanaNya untuk menjadi sesuatu yang baik dan berguna. Tetapi jika dalam proses pembentukan itu, kita memberontak dan tidak hidup dalam rencanaNya, TUHAN tidak akan membuang kita dan jika kemudian kita bertobat maka TUHAN tetap akan memperoses hidup kita dalam rencana dan kehendakNya.

Berita yang Allah komunikasikan melalui gambaran pekerjaan tukang periuk bukanlah semata-mata berita tentang kedaulatan Allah namun berita tentang anugerah Allah. Sekalipun umatNya membangkang terhadap 'tukang periuk' Illahi namun Allah tetap sudi mengulangi pekerjaan dari awal dan membentuk kembali bangsa pilihanNya menjadi periuk yang baik yang sudah Ia rencanakan sejak semula. Itulah anugerah Allah yang menghendaki yang baik bagi umatNya. Ketidakmauan untuk bertobatlah yang akhirnya membinasakan mereka (ay.11-12). TUHAN tidak pernah membuang umatNya, yang ada adalah umatNya yang meninggalkan TUHAN dan membuangNya serta menggantikannya dengan ilah yang lain. TUHAN tidak pernah tutup mata melihat dan memperhatikan kelakuan umatNya. Bahkan Ia menunggu mereka bertobat dan berbalik kembali padaNya. Jika tidak, maka mereka akan terus berjalan dan semakin jauh sehingga tersesat dan masuk dalam penghukuman kekal.

Jangan terus berjalan meninggalkan TUHAN karena engkau mungkin tak akan punya kesempatan untuk berbalik kembali padaNya.

passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 18:15 "Tetapi umat-Ku telah melupakan Aku, mereka telah membakar korban kepada dewa kesia-siaan; mereka telah tersandung jatuh di jalan-jalan mereka, yakni jalan-jalan dari dahulu kala, dan telah mengambil jalan simpangan, yakni jalan yang tidak diratakan."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 14'12'18: Titus 1 - 4

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT