Devotion 1119 : TUHAN MELIHAT HATI

Devotion 1119 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN MELIHAT HATI
Bacaan: Yeremia 19

Tofet, di lembah Ben-Hinom pada zaman nenek moyang Israel, adalah tempat membuat upacara pengorbanan anak-anak kepada dewa Molokh (Kel. 22:29) dengan membunuh dan membakar anak-anak mereka. Pada zaman Yosia, yang mengadakan kebangunan rohani di kalangan umat Tuhan, kebiasaan sesat itu dihentikan. Namun sesudah Yosia, orang-orang Yehuda kembali menghidupkan kebiasaan orang-orang kafir tersebut. Dan nama Ben-Hinom menjadi Gehena yang artinya neraka atau tempat penghukuman kekal.

Kemurtadan Yehuda sudah sedemikian parah sehingga TUHAN menyuruh Yeremia pergi ke Tofet di Lembah Ben-Hinom. Ia pun bernubuat disana dengan memakai buli-buli yang disaksikan beberapa orang tua-tua bangsa dan beberapa orang imam tertua. Buli-buli itu dipecahkan dan dibuang, seperti Yehuda yang akhirnya dipecahkan dan dibuang dari haradapan TUHAN. Reformasi Yosia tak mampu mencerahkan kekelaman hati bangsa Yehuda yang telah terhilang dari hadapan Tuhan. Walaupun reformasi nasional digalakkan, tetapi orang-orang ini terus menyembah allah-allah asing di balkon-balkon rumah mereka (ay.13). Orang bisa menunjukkan sikap hidup saleh karena takut terhadap sanksi sosial atau karena tuntutan agamawi, tetapi Tuhan melihat hati. Nubuatan dan tindakan simbolis ini muncul sesudah perumpamaan tentang tukang periuk. Selama bejana itu tetap lentur maka ia bisa dibentuk kembali. Tetapi, sesudah dibakar ia tidak mungkin dibentuk lagi. Dan jika tidak diterima atau tidak berfungsi maka ia akan dipecahkan. Begitu juga dengan sikap hati manusia, walaupun tanah hatimu keras tetapi TUHAN masih bisa melembutkannya jika engkau menyerahkan hatimu padaNya. Namun jika engkau tetap mengeraskan hati dan menjauhi TUHAN maka hidupmu akan hancur dan binasa.

Jangan keraskan hatimu untuk terus hidup dalam kejahatan tetapi relakan  hatimu dibentuk oleh TUHAN agar dapat memancarkan kehidupan.

passionateheintje.blogspot com
Yeremia 19:15 "Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan ke atas kota ini dan ke atas segala kota sekitarnya seluruh malapetaka yang telah Kukatakan akan menimpa mereka, sebab mereka berkeras kepala dan tidak mendengarkan perkataan-perkataan-Ku."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 17'12'18: Ibr 6 - 8

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT