Devotion 1123 : SANG GEMBALA

Devotion 1123 - Dr. Heintje Kobstan
SANG GEMBALA
Bacaan: Yeremia 23

Setelah masa pemerintahan Daud, kerohanian Israel mengalami pasang surut. Pasang surut kerohanian bangsa itu tergantung dari para pemimpin dan para imam pada setiap masa. Sehingga setiap Masa TUHAN harus membangkitkan nabi-nabi untuk mengoreksi kehidupan rohani bangsa ini. Pada masa Yeremia, firman TUHAN datang kepada para gembala yang telah membiarkan umat TUHAN terserak (= kambing domba gembalaan TUHAN, ay.1). Para gembala yang dimaksud TUHAN disini adalah raja dan para penguasa Yehuda yang tidak adil, yang telah dicela dalam pasal 21 dan 22.

Dalam pasal ini Yeremia menubuatkan celaka dan hukuman atas para pemimpin rohani Yehuda (para imam dan nabi palsu) yang demi kepentingan pribadi telah memperkaya diri tanpa memperhatikan sama sekali keadaan bangsa itu. Para gembala Yehuda yaitu para raja, imam, dan nabi harus bertanggung jawab atas terjadinya peristiwa ini (ay.1-2). Sebab penghukuman itu datang karena mereka gagal menjadi gembala yang baik. Mereka tidak hanya membiarkan kambing dombanya tersesat, tetapi dengan sengaja menggiring mereka untuk menjalani hidup yang sesat dan tercela di hadapan Allah. Oleh karena itu, TUHAN sendirilah yang akan mengumpulkan kembali umatNya yang telah tercerai berai. Tetapi bagaimana caranya? TUHAN akan mengirimkan gembala-gembala baru untuk Yehuda. Tetapi mereka bukanlah raja-raja setelah masa pembuangan karena secara harafiah, tidak ada lagi raja keturunan Daud. Mungkin bisa kita katakan para pemimpin yang melayani pada pascapembuangan, baik itu keturunan Daud, seperti Zerubabel, maupun yang lainnya, seperti Nehemia, Ezra, dan juga para nabi pascapembuangan. Yang semuanya itu akan menuju kepada tunas Daud yang sebenarnya. Dari perspektif Perjanjian Baru, ini jelas menunjuk kepada Tuhan Yesus, Sang Mesias keturunan Daud. Karena itu, jika ada gembala (= pemimpin umat) yang tidak menjadi gembala yang baik di masa kini maka TUHAN sendiri yang akan berperkara dengannya. Bahkan dalam kehendakNya, Ia akan memberikan gembala yang baru kepada umatNya. Tetapi Sang Gembala yang sempurna dan agung adalah Yesus Kristus sendiri.

Hendaklah setiap pemimpin umat belajar secara langsung kepada Sang Gembala yang sempurna dan agung, yaitu Yesus Kristus Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 23:4 "Aku akan mengangkat atas mereka gembala-gembala yang akan menggembalakan mereka, sehingga mereka tidak takut lagi, tidak terkejut dan tidak hilang seekor pun, demikianlah firman TUHAN."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 26'12'18: Wahyu 10 - 12

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT