Devotion 1121 : HARUS DINYATAKAN

Devotion 1121 - Dr. Heintje Kobstan
HARUS DINYATAKAN
Bacaan: Yeremia 21

Yeremia, nabi yang ditolak baik dikalangan para imam, keluarga, bahkan bangsanya tapi ternyata juga dibutuhkan mereka. Zedekia, raja Yehuda mengutus Pashyur bin Malkia dan imam Zefanya bin Maaseya untuk pergi menghadap Yeremia. Akhirnya Zedekia berpaling kepada TUHAN untuk memohon pertolonganNya. Karena ketika itu, Nebukadnezar raja Babel datang memerangi Yehuda. Zedekia mungkin mengingat fakta sejarah bagaimana 100 tahun yang lalu, TUHAN pernah melepaskan Yehuda dari serangan raja Asyur, Sanherib (lih. 2Raj. 19:35-36). Sehingga ia pun membutuhkan Yeremia untuk berdoa meminta pertolongan TUHAN.

Begitulah seorang hamba TUHAN, terkadang dibenci ketika ia menyatakan kebenaran tetapi ternyata mereka membutuhkan pelayanannya juga. Tetapi apa yang difirmankan TUHAN kepada Zedekia dan Yehuda melalui Yeremia? Firman TUHAN yang disampaikan Yeremia bukanlah kabar baik malah kabar buruk bahwa Yehuda akan ditaklukkan oleh Nebudkadnezar. Yeremia menyarankan mereka untuk meninggalkan Yerusalem dan menyerahkan diri kepada Nebukadnezar agar supaya selamat dan tetap hidup. Mereka yang tetap bertahan di kota pasti akan mati karena ada 3 jenis serangan dahsyat yaitu pedang, kelaparan, dan penyakit sampar. Yeremia harus menyatakan firman TUHAN ini walau itu tidak menyenangkan. Sebab Yeremia tidak melayani manusia tetapi ia melayani TUHAN. Yeremia tidak saja mengatakan firman kebenaran kepada bangsa itu, tetapi juga kepada seluruh keluarga raja Yehuda. Walau mereka adalah pemegang takhta Daud tetapi TUHAN sekarang akan melawan mereka dan tidak berbaik hati lagi. TUHAN akan melakukan pembalasan akibat perbuatan mereka yang menduakan bahkan meninggalkan TUHAN. Marilah kita belajar dari pribadi Yeremia, ia tidak takut untuk memberitakan firman kebenaran kepada siapa saja. Walau hal itu bukan untuk menyenangkan telinga pendengar tetapi untuk membuat mereka bertobat dan hidup dalam kebenaran. Mengapa Yeremia tidak takut? Sebab TUHANlah yang menjadi Pembelanya.

Janganlah takut untuk memberitakan firman kebenaran yang tujuannya untuk membuat hidup yang mendengar bertobat dan berjalan dalam kehendak TUHAN sebab TUHANlah yang akan menjadi Pembelamu.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 21:9 "Siapa yang tinggal di kota ini akan mati karena pedang, karena kelaparan dan karena penyakit sampar; tetapi siapa yang keluar dari sini dan menyerahkan diri kepada orang-orang Kasdim yang mengepung kamu, ia akan tetap hidup; nyawanya akan menjadi jarahan baginya."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 20'12'18: 1Petrus 1 - 5

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT