Devotion 1125 : KARENA TIDAK DENGAR-DENGARAN

Devotion 1125 - Dr. Heintje Kobstan
KARENA TIDAK DENGAR-DENGARAN
Bacaan: Yeremia 25

TUHAN bukanlah TUHAN yang semena-mena tetapi Ia adalah Allah yang adil dan penuh belas kasihan. Ia tidak langsung menghukum tanpa pernah memperingatkan terlebih dahulu. Bahkan dalam kasus bangsa Yehuda, TUHAN telah mengutus hamba-hambaNya untuk memberitakan kepada mereka firman yang sama yaitu panggilan pertobatan (ay.1-6). Allah tak pernah kehabisan cara untuk menegur, menyerukan, dan menyatakan hukuman agar umatNya bertobat, tetapi Allah membatasi waktunya. Itu adalah kesempatan dimana TUHAN memberikan waktu pertobatan kepada Yehuda tetapi bangsa ini terus menolak untuk dengar-dengaran kepada panggilanNya.

Pada masa tahun ke-4 pemerintahan Yoyakim bin Yosia, atau tahun pertama pemerintahan raja Nebukadnezar, atau tahun 605 SM, dan itu adalah tahun ke-23 Yeremia dipanggil TUHAN maka datanglah firman TUHAN kepada Yeremia. Ia menubuatkan pembuangan Yehuda selama tujuh puluh tahun. Kemudian dengan gaya apokaliptik, ia melanjutkan nubuatan kepada bangsa-bangsa yang akan meminum cawan kehangatan murka Allah. Akhirnya nubuatan penghukuman TUHAN pun diumumkan baik kepada Yehuda juga kepada bangsa-bangsa. Ini adalah hukuman yang sangat berat bagi Yehuda karena mereka harus mengalami pembuangan ke Babel dan Yerusalem juga Yehuda akan ditinggal gersang tanpa pengharapan. Penghukuman yang berat ini bisa terjadi karena sikap orang Yehuda yang tidak dengar-dengaran dan mengeraskan hati pada peringatan TUHAN melalui hamba-hambaNya. Yehuda menjadi pembelajaran pada hari ini dimana kita harus hidup dengar-dengaran pada perintah TUHAN dan jangan mengeraskan hati untuk bertobat ketika kesempatan itu masih terbuka. Dan jika kita mengalami penghukuman TUHAN, tetap berharap akan kasih setiaNya karena penghukuman itu punya masa waktu dan akan berakhir pula dalam anugerahNya.

Dengar-dengaranlah pada firman TUHAN karena dengan demikianlah hidupmu akan mengalami hari-hari yang baik dan terluput dari kesukaran.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 25:4 "Juga TUHAN terus-menerus mengutus kepadamu semua hamba-Nya, yakni nabi-nabi, tetapi kamu tidak mau mendengarkan dan memperhatikannya."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 29'12'18: Wahyu 16 - 18

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT