Devotion 1117 : WALAU KERAS MEMBATU ATAU GELAP SEKALIPUN

Devotion 1117 - Dr. Heintje Kobstan
WALAU KERAS MEMBATU ATAU GELAP SEKALIPUN
Bacaan: Yeremia 17

Bagaimana bila hati seseorang telah dikuasai oleh kejahatan? Maka segala sesuatu yang dia lakukan adalah kejahatan. Meskipun keinginannya adalah untuk melakukan kebaikan, tetapi justru sebaliknya bukan kebaikan tetapi kejahatan. Pada waktu itu Yeremia menyatakan bahwa, "Dosa Yehuda telah tertulis dengan pena besi, yang matanya dari intan, terukir pada loh hati mereka dan pada tanduk-tanduk mezbah mereka..." Dosa ini bukan saja menguasai hati mereka tetapi telah terukir pada loh hati mereka. Betapa dosa itu sudah sungguh menguasai hati perasaan dan hati pikiran mereka.

Akibat dosa telah terukir pada loh hati mereka maka hati itu penuh dengan kelicikan dan hati mereka sudah membatu. Sehingga dalam kehidupan, kecondongan hati mereka adalah menjauh dari TUHAN. Mereka tidak lagi membangun pengharapan pada TUHAN dan mengandalkanNya dalam segala keadaan. Karena yang mereka andalkan adalah kekuatan dan kemampuan mereka sendiri. Tetapi siapakah yang dapat memperbaharui hati mereka? Hati yang adalah pusat kehidupan yang mempengaruhi seluruh tindakan dan prilaku manusia. Maka kembalilah kepada Sang Pencipta manusia. Sebab TUHANlah yang menyelidiki dan menguji hati setiap manusia dan membalaskan kepada mereka menurut tingkah laku dan perbuatannya. Jika TUHAN sanggup menyelidiki dan menguji hati artinya Dia TUHAN yang juga sanggup untuk mengubah hati manusia sebab Dia adalah Pencipta manusia. Jaman sekarang banyak orang yang telah buta mata hatinya. Mereka yang secara terang-terangan terlibat dalam tindak kejahatan korupsi tingkat tinggi dan kejahatan terhadap hak azasi manusia justru dapat berbalik mengancam dan menyerang pembela-pembela kebenaran, bahkan menimbulkan gejolak politik dan sosial di negara ini. Hati mereka telah membatu dan gelap, tetapi jika mereka datang kepada TUHAN maka hati mereka akan diubahkan menjadi lembut dan terang.

Tidak ada seorangpun yang sanggup mengubah hati manusia hanya TUHAN saja Sang Pencipta yang sanggup mengubah hati seseorang yang keras membatu atau gelap sekalipun.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 17:10 "Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 10'12'18 : 2Tesalonika 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT