Devotion 1115 : KAU YANG MEMULAI KAU YANG MENGAKHIRI

Devotion 1115 - Dr. Heintje Kobstan
KAU YANG MEMULAI KAU YANG MENGAKHIRI
Bacaan: Yeremia 15

Yeremia sangat terbeban dengan keadaan Yehuda. Hanya dialah nabi yang berani menyatakan kebenaran dihadapan bangsa ini. Ia lah yang memberitakan kabar tentang Yehuda akan ditaklukkan oleh Babel (ay.5-9). Karena itulah ia mengalami kemelut batiniah yang hebat. Ia pun dikucilkan bahkan dikutuki banyak orang (ay.10). Dia duduk seorang diri dan menanggung kesakitan yang tiada berkesudahan (ay.15, 17-18). Apa yang memotivasi dan menguatkan dia hingga tetap setia? Firman Tuhan (ay.16)! Karena begitu ia mengasihi Yehuda maka ia pun selalu menaikkan doa syafaat dihadapan TUHAN agar TUHAN tidak menghukum Yehuda.

TUHAN berfirman kepada Yeremia, "Sekalipun Musa dan Samuel berdiri di hadapan-Ku, hati-Ku tidak akan berbalik kepada bangsa ini. Usirlah mereka dari hadapan-Ku, biarlah mereka pergi!" Apakah TUHAN begitu kejam dan sangat membenci Yehuda? Bagi yang tidak mengerti duduk persoalan mungkin akan berkata, "iya, TUHAN kejam" tetapi bagi yang mengetahuinya akan berkata, "tidak, justru Yehudalah yang memulai itu semua." Karena umat itu telah menolak Allah dan menjauh dariNya, maka kebinasaan Yerusalem dan pembuangan ke Babel tidak terelakkan lagi. Maka teringatlah lagu jaman old yang liriknya begini, "kau yang memulai, kau juga yang mengakhiri". Yehuda yang memulai menolak TUHAN maka mereka akan berakhir dengan penolakan juga. TUHAN benar-benar ingin menghajar Yehuda dan membiarkan mereka masuk dalam pembuangan. Dengan demikian, TUHAN ingin agar Yehuda sadar dan menyesal bahwa adalah suatu kesalahan fatal ketika mereka meninggalkan TUHAN demi berhala-berhala bangsa-bangsa lain. Jika saat ini engkau sedang menderita karena melakukan perbuatan seperti Yehuda, maka segeralah bertobat dan berbalik kembali kepada TUHAN.

Janganlah memulai permusuhan dengan TUHAN karena engkau akan berakhir dalam penderitaan dan penyesalan yang dalam.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 15:6 "Engkau sendiri telah menolak Aku, demikianlah firman TUHAN, telah pergi meninggalkan Aku. Maka Aku mengacungkan tangan-Ku dan membinasakan engkau; Aku sudah jemu untuk merasa sesal."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 07'12'18 : Filipi 1 - 4

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT