Devotion 1116 : ITU BUKAN ALLAH

Devotion 1116 - Dr. Heintje Kobstan
ITU BUKAN ALLAH
Bacaan: Yeremia 16

Yeremia dilarang TUHAN untuk menikah dan mempunyai anak dari orang Yehuda. Mengapa? Karena anak dan orang tuanya itu akan diserang penyakit yang membawa maut, dan mereka akan tewas dalam pertempuran dan mati kelaparan. Yeremia juga dilarang berkabung atau ikut dalam perkabungan karena TUHAN tidak akan memberkati mereka dengan kesejahteraan dan tidak akan menunjukkan rasa sayang atau belas kasihan kepada mereka. Jika seandainya Anda berada di posisi Yeremia, apa yang akan Anda lakukan?

Ketika TUHAN melarang agar umat TUHAN tidak melakukan suatu hal, itu bukanlah untuk mengekang kebebasan umat tetapi TUHAN justru menyatakan kebaikan dibalik larangan itu. Yeremia dilarang menikah dengan penduduk Yehuda bukan karena TUHAN tidak mau Yeremia menikah tetapi jika ia menikah maka hal yang buruk bisa terjadi. Tetapi mengapa TUHAN menghukum Yehuda demikian keras? Karena sejak nenek moyang mereka telah memberontak dan meninggalkan TUHAN. Malah Yehuda jaman ini lebih parah dari nenek moyangnya. Mereka melakukan perbuatan yang lebih jahat, keras Kepala dan hanya mau mengikuti keinginan mereka yang jahat dan tidak mau taat kepada TUHAN. Oleh karena itu, dosa dan kejahatan mereka akan dibalaskan Tuhan dua kali lipat. Karena mereka menduakan bahkan meninggalkan TUHAN demi berhala maka hukuman pun harus diberlakukan oleh TUHAN. Yeremia telah membuat pengakuan, "Dapatkah manusia membuat allah bagi dirinya sendiri? Yang demikian bukan allah!" Jadi apapun yang dibuat oleh tangan manusia lalu kemudian disembah itu bukanlah Allah. Hanya TUHAN yang hidup yang ada sejak awal mulanya yang sanggup menolong umatNya bukan tuhan buatan tangan manusia.

Dapatkah manusia membuat allah dengan tangannya? Tidak! Karena itu jangan menyembah sesuatu yang dibuat tangan manusia karena itu bukanlah allah.

#passionateheintje.blogspot.com
Yeremia 16:18 "Aku akan mengganjar dua kali lipat kesalahan dan dosa mereka, oleh karena mereka telah menajiskan negeri-Ku dengan bangkai dewa-dewa mereka yang menjijikkan dan telah memenuhi tanah milik-Ku dengan perbuatan mereka yang keji."

Pembacaan Alkitab setahun (BERGEMA)
Tgl. 08'12'18 : Kolose 1 - 4

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT