Devotion 989 : HIKMAT DALAM BERBISNIS

Devotion 989 - Dr. Heintje Kobstan
HIKMAT DALAM BERBISNIS
Bacaan : Amsal 6

Firman TUHAN tidak melarang orang untuk berbisnis bahkan mendorong agar setiap manusia untuk bekerja. Tetapi ketika berelasi dengan orang lain maka Salomo mengingatkan kepada kita semua agar "jangan menjadi penanggung bagi sesamamu." Apa arti dari ayat ini? Dalam melakukan bisnis, melakukan hutang piutang itu adalah hal yang biasa. Tetapi jika karena persahabatan maka Anda diminta oleh seorang teman untuk menjadi penjamin hutangnya dan dikemudian hari ia terjerat hutang dan Anda telah membuat pernyataan menjadi penjaminnya maka otomatis Anda pun ikut terseret didalam masalah hutang tersebut.

Tetapi bagaimanakah kita harus memahami hal ini? Kita tidak diajar untuk berpikir bahwa menjadi penanggung, atau penjamin, bagi orang lain itu dilarang dalam keadaan apa saja. Menjadi penanggung bisa merupakan perbuatan yang menunjukkan perbuatan keadilan atau amal. Orang yang mempunyai teman akan melihat bahwa menjadi penanggung bagi temannya bisa menunjukkan bukti bahwa ia setia kawan, dan mungkin itu bukan perbuatan yang gebabah. Paulus menjadi penanggung bagi Onesimus (Flm. 1:19). Kita dapat membantu seorang anak muda untuk menjalankan usahanya jika kita tahu bahwa ia orang yang jujur dan rajin, dan mengusahakan pinjaman untuknya melalui kata-kata kita yang baik tentang dia, dan dengan demikian melakukan kebaikan yang besar baginya tanpa kita sendiri menjadi rugi. Tetapi alangkah baiknya jika kita memiliki hikmat untuk sejauh mungkin tidak terlibat dalam hutang apalagi hutang orang lain. Yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi, dan menjadikan dirinya seperti layaknya hamba bagi dunia ini. Oleh sebab itu, orang-orang Kristen, yang telah dibeli dengan harga yang telah lunas dibayar, tidak boleh dan tidak perlu menjadikan diri mereka sebagai hamba manusia. Karena itu berhati-hatilah dalam melakukan tindakan bisnis agar jangan sampai kita dimanfaatkan oleh orang lain untuk terlibat dalam masalah hutang piutang. Mintalah hikmat Tuhan dalam melakukan keputusan-keputusan bisnis atau dalam menjalin relasi dengan orang lain. Hikmat Tuhan akan membuatmu berhasil dalam berbisnis.

Hikmat Tuhan sangat diperlukan dalam melakukan keputusan-keputusan bisnis atau berelasi dengan orang lain agar tidak terjerat dalam masalah yang ditimbulkan darinya.

#passionateheintje.blogspot.com
Amsal 6:1 "Hai anakku, jikalau engkau menjadi penanggung sesamamu, dan membuat persetujuan dengan orang lain;... "

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 30'05'18 = Ayb. 28 - 30

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT