Devotion 987 : HATI YANG TERBUKA PADA DIDIKAN

Devotion 987 - Dr. Heintje Kobstan
HATI YANG TERBUKA PADA DIDIKAN
Bacaan : Amsal 4

Bagaikan seorang ayah yang sedang mendidik anaknya, demikian Salomo melakukan hal itu kepada kita, umat Tuhan. Dalam setiap didikan akan mengandung pengertian tentang kehidupan. Maka ketika kita memperhatikan setiap didikan, pengertian akan timbul dalam hati kita. Seorang ayah yang benar akan memberikan didikan yang terbaik buat anaknya. Salomo menyatakan bahwa "biarlah hatimu memegang perkataan; berpeganglah pada petunjuk-petunjukku maka engkau akan hidup." Kenapa harus hati bukan pikiran atau perasaan?

Hati adalah pusat dari kehidupan itu sendiri, sehingga hikmat dan pengertian yang bersumber dari didikan haruslah menyentuh hati sebagai pusat kehidupan itu sendiri. Salomo dididik dirumah ayahnya yaitu Daud agar supaya Salomo selalu mengindahkan perkataan dan petunjuk Daud agar ia hidup dalam kebesaran dan kemuliaan. Perkataan dan petunjuk Daud merupakan didikan bagi Salomo. Dan Salomo menyampaikan kepada kita, umat TUHAN agar mengindahkan setiap perkataan yang dituliskan dalam ayat demi ayat di kitab ini. Karena dari sinilah kita akan memperoleh hikmat dan memperoleh pengertian. Hikmat yang berasal dari kebenaran firman TUHAN akan memberikan pengertian bagi kita untuk berjalan di jalan yang lurus. Dan jika kita ijinkan hati kita terbuka pada didikan, maka hati kita akan dikuasai oleh hikmat dan pengertian. Sehingga hikmat itu tidak berdiam hanya didalam pikiran atau pengetahuan kita tetapi langsung berada di pusat kehidupan yaitu hati. Karena itu, jagalah hati ini sebagai pusat kehidupan yang didalamnya ada hikmat dan pengertian yang berasal dari didikan TUHAN. Jangan biarkan hati kita tercemar oleh hikmat orang fasik yang akan membawa kita menyimpang dari jalan yang lurus dan benar.

Perkataan dan petunjuk dari firman TUHAN merupakan sumber didikan yang akan membuat kita mengerti tentang kehidupan karena itu biarkanlah hati kita terbuka pada didikan TUHAN.

#passionateheintje.blogspot.com
Amsal 4:1 "Dengarkanlah, hai anak-anak, didikan seorang ayah, dan perhatikanlah supaya engkau beroleh pengertian,... "

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 28'05'18 = Ayb. 22 - 24

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT