Devotion 983 : TUHAN ATAS SEMESTA

Devotion 983 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN ATAS SEMESTA
Bacaan : Mazmur 150

Ketika saya mengajar tentang praise and worship, dalam materi flowing bagi Worship Leader ada yang dinamakan klimaks dalam suasana worship ataupun praise. Dalam suasana klimaks ini ada sukacita dan kegairahan yang meluap dari dasar hati untuk mengekspresikan kebaikan perbuatan TUHAN yang luar biasa. Mazmur 150 ini adalah mazmur terakhir yang memenuhi syarat untuk menduduki posisi terhormat sebagai puji-pujian kepada Allah untuk seluruh Mazmur. Setiap frasa dalam mazmur ini tampaknya dibuat berdasarkan pemikiran sebelumnya untuk menyiapkan klimaks, yang muncul secara mendadak seperti luapan puji-pujian yang nyaring dari seluruh penghuni surga dan bumi.

Kita dapat sungguh-sungguh memuji Allah hanya bila kita melihat dan menikmati kebesaran dan kebaikanNya. Juga mengingat dan merenungkan segala sesuatu yang telah dilakukan oleh TUHAN dalam penciptaan dan penebusan serta kehidupan pribadi kita. Dengan demikian pujian merupakan suatu tanggapan dari kedalaman hati yang mengungkapkan sukacita, ucapan syukur, dan kerinduan untuk bersekutu dengan Tuhan kita. Walaupun pujian itu bisa diekspresikan lewat nyanyian, menyanyikan nyanyian baru, lewat permainan musik ataupun ekspresi yang meluap seperti tarian, sorak-sorai, dsb. Tetapi esensi pujian itu jangan dihilangkan, yaitu kepada siapa pujian itu diberikan yaitu kepada TUHAN atas semesta. Jadi pujian itu tidak dapat dibatasi hanya di dalam Bait Allah saja atau dalam gedung gereja tetapi dimana saja karena TUHAN itu adalah Allah semesta alam. Dia bukan hanya Allah yang transenden tetapi juga imanen. Haleluya! Pujilah Allah dalam tempat kudusNya! Pujilah Dia dalam cakrawalaNya yang kuat! Biarlah segala yang bernafas memuji TUHAN! Haleluya!

Bukan hanya dalam gedung gereja atau tempat ibadah kita dapat memuji TUHAN, tetapi dimana saja, kapan saja dan dalam keadaan apa saja, kita bisa memuji TUHAN sebab Dia adalah TUHAN atas semesta.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 150:1 "Haleluya! Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya! Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat!"

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 18'05'18 = Neh. 1 - 3

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT