Devotion 980 : PUJIAN SEBAGAI PENGAKUAN

Devotion 980 - Dr. Heintje Kobstan
PUJIAN SEBAGAI PENGAKUAN
Bacaan : Mazmur 147

Mengapa mazmur ini dibuka dengan kalimat bahwa sungguh bermazmur bagi Allah kita itu baik, bahkan indah, dan layaklah memuji-muji itu? Karena di dalam keseharian Allah menunjukkan perbuatan yang ajaib kepada manusia. Seperti, Tuhan yang membangun kembali Yerusalem serta mengumpulkan orang Israel yang tercerai berai. Bukan hanya itu saja, perbuatanNya yang ajaib menyentuh secara pribadi dalam kehidupan manusia. Seperti menyembuhkan serta membalut luka mereka, menentukan jumlah bintang dan memberi mereka nama satu demi satu. Terpujilah nama Tuhan, Ia yang merendahkan orang fasik dan mengangkat mereka yang terluka.

Perbuatan TUHAN yang ajaib dan perkasa merupakan hal yang baik untuk memujiNya. Tetapi dasar bagi kita untuk memuji TUHAN  bukan hanya karena perbuatanNya tetapi karena pribadiNya. Jadi memuji adalah kewajiban kita, dan oleh sebab itu baiklah kewajiban itu dilakukan dengan sendirinya. Memuji itu adalah kepentingan kita, dan oleh sebab itu baik bagi kita. Memuji itu perbuatan yang berkenan kepada Pencipta kita dan memenuhi salah satu tujuan penciptaan itu. Pujian merupakan pengakuan akan kasih dan kuasa TUHAN dan merupakan tindakan penyerahan hidup kepadaNya. Di dalam kasih dan kuasaNya, Allah tidak menyukai orang yang bersandar pada kekuatan sendiri, entah itu kekuatan fisik, finansial, atau kekuatan relasi dengan orang-orang berkuasa. Yang ia sukai adalah orang-orang yang memiliki kekuatan yang dilandaskan pada iman terhadap Dia. Pujian merupakan salah satu cara untuk menyatakan iman kita kepada TUHAN dan orang lain yang mendengarkannya. Agar iman itu bertumbuh, secara khusus Allah menyatakan firmanNya kepada umatNya. Dan dengan memberikan firmanNya, Allah menunjukkan bahwa sesungguhnya Ia menginginkan hubungan yang hidup. Hubungan itu dinyatakan lewat perbuatanNya yang ajaib, dinyatakan lewat pujian iman umatNya dan diteguhkan melalui firmanNya.

TUHAN tidak pernah berhenti menyatakan perbuatanNya yang ajaib kepada UmatNya dan pujian umatNya selalu dinaikkan sebagai pengakuan syukur dan pengakuan iman atas perbuatan-perbuatanNya dan semua itu diteguhkanNya lewat kebenaran firmanNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 147:1  Haleluya! Sungguh, bermazmur bagi Allah kita itu baik, bahkan indah, dan layaklah memuji-muji itu."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 10'05'18 = 2Taw. 34 - 36

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT