Devotion 976 : MERENUNGKAN PRIBADI TUHAN

Devotion 976 - Dr. Heintje Kobstan
MERENUNGKAN PRIBADI TUHAN
Bacaan : Mazmur 143

Kreatifitas Pemazmur dapat terlihat dari doa-doa yang dinaikkannya melalui mazmur kepada TUHAN. Walaupun situasi dan suasana belum berubah tetapi tetap menghimpit hidupnya karena musuh namun doa yang dinaikkan selalu tidak sama. Ia tidak berdoa hanya dalam penderitaan itu, tetapi juga sangat banyak dan sangat sering berdoa pada kesempatan-kesempatan lain, bukan dengan mengulangi doa yang sama, melainkan dengan mengungkapkan pikiran-pikiran baru.

Dalam mazmur ini, Pemazmur mengungkapkan 2 (dua) sifat Allah dimunculkan di sini (ay. 1): kesetiaan dan keadilan. Keyakinan pemazmur dilandaskan atas pengenalannya sendiri akan Allah yang telah hadir dalam sejarah bangsanya. Di tengah-tengah krisis yang dialaminya, pemazmur mengakui keberdosaannya (ay. 2). Pemazmur juga tidak menghindar dari Allah, tetapi justru Ia memerlukan Allah karena musuh-musuhnya sudah dekat mengancam jiwanya (ay. 3-6). Pemazmur "melemparkan" dirinya sepenuhnya ke dalam tangan Allah yang dipercayainya murah hati. Tuhan pasti akan menyelamatkan dirinya dari para musuh, sebaliknya para musuhnya akan dibinasakan (ay. 12). Saat pemazmur mengingat kembali karya Tuhan pada masa lampau. Ingatan ini menimbulkan keberanian untuk merindukan uluran tangan Tuhan pada saat ia mengalami kesesakan waktu itu (ay. 5-6). Banyak orang melihatnya, namun mereka tidak melihat jejak-jejak langkah dari hikmat, kuasa, dan kebaikan Allah di dalamnya tetapi tidak menerima keuntungan darinya karena mereka tidak merenungkannya. Mereka seolah-olah sudah tahu tentang pribadi Allah, padahal sebenarnya mereka hampir tidak mengenalnya sama sekali. Tetapi Pemazmur memikirkan, merenungkan dan memperkatakan tentang perbuatan tanganNya, betapa besar, betapa baiknya semua itu! Sehingga dengan kreatif ia mengungkapkan doa-doa permohonan kepada TUHAN melalui mazmur.

Semakin kita memikirkan atau merenungkan tentang pribadi TUHAN yang penuh kuasa maka semakin kita tidak takut untuk menghadapi tantangan atau masalah kehidupan.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 143:5 "Aku teringat kepada hari-hari dahulu kala, aku merenungkan segala pekerjaan-Mu, aku memikirkan perbuatan tangan-Mu."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 02'05'18 = 2Taw. 8 - 10

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT