Devotion 978 : MENGENAL TUHAN LEWAT PENGALAMAN HIDUP

Devotion 978 - Dr. Heintje Kobstan
MENGENAL TUHAN LEWAT PENGALAMAN HIDUP
Bacaan : Mazmur 145

Suatu komitmen yang lahir dari pengenalan dinyatakan Pemazmur kepada TUHAN bahwa ia akan selalu memuji dan memuliakan nama TUHAN untuk seterusnya dan selamanya. Bagi Pemazmur, Allah adalah Raja yang bertakhta kekal sehingga patut menerima pujian dan hormat selama-lamanya (ay. 1-3). Raja yang bagaimana? Raja yang besar dan perkasa, mulia dan agung, karya-Nya ajaib dan dahsyat (ay. 3-6). Karya ajaib apa yang TUHAN telah lakukan? Pemazmur tidak merincinya. Namun mengingat setiap angkatan memberitakannya (ay. 4), hal itu pasti bisa dilihat dalam sejarah dunia dan juga melingkupi sejarah Israel. Yaitu, penciptaan dan pemeliharaan atas segala ciptaan-Nya.

Pemazmur melihat bahwa keagungan dan kebesaran Allah tidak tergantung kepada suara pujian manusia dan tidak tertandingi oleh kuasa mana pun sepanjang masa. Seringkali kita baru memuji TUHAN jika dalam keadaan senang, diberkati, atau karena menginginkan berkatNya. Tanpa pujian itu, TUHAN memang sudah demikian adanya. Ia tidak melakukan perkara ajaib karena kita memujiNya. Ia melakukan itu semua karena kasihNya kepada ciptaanNya terutama kepada manusia. Dalam mazmur ini, Pemazmur menyatakan sifat-sifat TUHAN dan apa yang telah dilakukanNya kepada manusia. Pengakuan Pemazmur tentang TUHAN bukanlah karena hasil pemikiran atau perenungannya tetapi karena pengalamannya berjalan bersama TUHAN. Kepedulian TUHAN terhadap manusia begitu luar biasa, padahal siapakah manusia yang tercipta dari kehinaan. Karena itu, Pemazmur yang telah mengenal dan mengalami TUHAN dalam hidupnya, berketetapan hati untuk terus memujiNya sampai selamanya. Sebagai orang yang telah mengalami perbuatan TUHAN yang ajaib marilah kita selalu memuji dan memuliakan TUHAN serta meneruskan pengalaman ini dari generasi kepada generasi selanjutnya.

Pengakuan kita tentang TUHAN akan lebih dahsyat jika itu bersumber dari pengalaman pribadi berjalan bersamaNya dibanding hanya sekedar pengetahuan pikiran belaka.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 145:21 "Mulutku mengucapkan puji-pujian kepada TUHAN dan biarlah segala makhluk memuji nama-Nya yang kudus untuk seterusnya dan selamanya."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 04'05'18 = 2Taw. 14 - 16

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT