Devotion 985 : DIMANAKAH HIKMAT ITU BERADA?

Devotion 985 - Dr. Heintje Kobstan
DIMANAKAH HIKMAT ITU BERADA?
Bacaan : Amsal 2

Kata orang, mereka yang berhikmat dan mempunyai kebijaksanaan adalah mereka yang sudah lama hidup di muka bumi ini. Namun banyak yang hidup lama dimuka bumi tetapi masih bersikap kekanakan ataupun tidak dapat menjadi contoh atau panutan hidup. Penulis Amsal mengemukakan bukan karena panjangnya hidup ataupun sudah beruban, atau memakai atribut atau aksesoris keagamaan adalah orang yang bijaksana? Belum tentu. Tapi mereka yang mencari dan mengejarnya maka kita akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN. Dan takut akan TUHAN adalah sumber dari hikmat dan kebijaksanaan itu sendiri.

Namun bagaimana cara kita untuk mencari ataupun harus berlari untuk mendapatkan pengertian tentang takut akan TUHAN? Jauh sebelum ini, Ayub pernah bertanya, “Tetapi di mana hikmat dapat diperoleh, di mana tempat akal budi?” (Ayb. 28:12-20), dan ia telah memberikan jawabannya secara umum (ay. 23), Allah mengetahui jalan ke sana. Namun, di sini Salomo menunjukkan lebih jauh lagi dari itu, dengan mengatakan kepada kita di mana kita bisa mendapatkannya dan cara kita bisa memperolehnya. Kita harus memperhatikan firman Allah dengan baik, sebab itulah perkataan hikmat, yang dapat memberi hikmat kepada kita dan menuntun kita kepada keselamatan (ay. 1-2). Kemudian, kita harus banyak berdoa (ay. 3), dimana kita harus berseru kepada pengertian, seperti orang yang sudah nyaris mati kelaparan meminta-minta makanan. Lalu, kita harus bersedia bersusah payah guna memperolehnya (ay. 4), seperti kita harus mencarinya seperti mencari perak, menginginkannya jauh melebihi semua kekayaan dunia ini. Maka kita akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN (ay. 5). Dari pengertian ini maka akan muncul pengenalan dan kemudian berkembang menjadi kita akan mengerti melalui kebenaran firman TUHAN tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran bahkan setiap jalan hidup yang baik. Dan dari sinilah hikmat itu akan bertumbuh menguasai kehidupan kita.

Perhatikan firman TUHAN, berserulah kepada TUHAN dan berusahalah untuk menggali firman  itu maka kita akan mendapatkan pengertian tentang kebenaran, keadilan dan kejujuran bahkan setiap jalan hidup yang baik.

#passionateheintje.blogspot.com
Amsal 2:9 "Maka engkau akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 28'05'18 = Neh. 10 - 13

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT