Devotion 999 : MANUSIA DAN JALAN HIDUPNYA

Devotion 999 - DR. Heintje Kobstan
MANUSIA DAN JALAN HIDUPNYA
Bacaan: Amsal 16

Siapakah manusia jika dibandingkan Sang Pencipta? Memang manusia diciptakan dengan kemampuan intelejensia lebih tinggi daripada binantang. Dengan kemampuan tersebut, manusia dapat berpikir, berencana, berkehendak dan memutuskan apa yang akan dilakukan olehnya. Namun setiap manusia memiliki kecenderungan berat sebelah dalam menilai dirinya sendiri. Manusia dengan segala sifat, segala pemikirannya, segala rancangannya, segala tindakannya bersih menurut pemikirannya sendiri. Ia tidak melihat adanya suatu kesalahan terhadap dirinya, yang ada hanyalah pembenaran dirinya sendiri dengan berbagai alasan.

Namun pada kenyataannya intelejensia yang dimiliki manusia adalah pemberian Tuhan, Sang Pencipta. Manusia tidak berkuasa atas dirinya sendiri walaupun dengan kemampuan yang ia miliki ia dapat melakukan apa yang menjadi rencananya. Penulis Amsal menyatakan bahwa manusia dapat menimbang-nimbang dalam hati, tetapi jawaban lidah berasal dari pada TUHAN. Ini adalah kedaulatan Tuhan atas manusia. Walaupun manusia berencana dan baru sebatas pemikiran hati saja, tetapi Tuhanlah yang menentukan yang akan terjadi. Walaupun ia merasa benar menurut pemandangannya sendiri tetapi Tuhanlah yang menguji hati manusia. Tuhan mengetahuinya sampai kekedalaman hati kita. Manusia bisa berpikir tentang jalan hidupnya, membuat perencanaan dalam hatinya, namun Tuhanlah yang menentukan arah langkah kehidupannya dan membuat segala perencanaannya berhasil atau tidak. Dengan segala usahanya manusia ingin berbahagia tetapi sebenarnya rahasia kebahagiaan adalah merendahkan diri dalam kedaulatan Tuhan. Merendahkan diri berarti menyerahkan seluruh kehidupan kita kepada Tuhan dan biarkanlah Ia yang bertindak sesuai kehendakNya dan dengarkanlah firman Tuhan serta melakukannya dengan setia. Inilah hikmat Tuhan yang akan diberikan kepada manusia yang takut padaNya agar supaya dapat menjalani kehidupan ini dalam kehendakNya dan menikmati kebahagiaan sejati.

Hikmat Tuhan akan membawa setiap orang yang takut akan Tuhan menjalani kehidupan dalam kehendakNya dan menikmati kebahagiaan sejati.

passionateheintje.blogspot.com
Amsal 16:9 "Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi TUHANlah yang menentukan arah langkahnya."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 13'06'18 = Mzm. 51 - 55

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT