Devotion 992 : DUA RUMAH

Devotion 992 - Dr. Heintje Kobstan
DUA RUMAH
Bacaan : Amsal 9

Pasal ini mengetengahkan 2 macam rumah, yaitu rumah hikmat dan rumah kebebalan. Setiap manusia harus memilih kemana ia akan melangkah, apakah menuju rumah hikmat atau rumah kebebalan. Penulis Amsal menyandingkan kedua pilihan itu sebagai dua wanita yang bersaing memperebutkan perhatian dan minat dari calon pemilihnya. Sungguh bukan kebetulan, dua kata yang berlawanan ini, yaitu hikmat dan kebebalan dalam bahasa Ibraninya menyatakan gambaran perempuan bijak dan wanita bebal.

Kedua rumah ini masing-masing mempersiapkan perjamuan bagi tamu-tamu yang akan diundang. Perempuan bijak dari rumah hikmat adalah perempuan bertanggung jawab yang menyediakan makanan yang bermanfaat (ay. 5-6). Sementara wanita bebal dari rumah kebebalan menyediakan makanan hasil curian (ay. 16-17). Hal ini mengindikasikan bahwa personifikasi hikmat lawan kebebalan pada hakikatnya merupakan peperangan Tuhan melawan kejahatan. Dengan tawaran dan bujukan yang manis, kebebalan berusaha menarik perhatian orang yang tak berpengalaman dan tak berakal budi. Orang yang berhikmat tak akan tergiur dan tergoda dengan undangan kebodohan dari kebebalan yang nampak lebih berhikmat, karena tahu akibatnya. Sebab orang yang tak berpengalaman akan dibunuh oleh keengganannya, dan orang bebal akan dibinasakan oleh kelalaiannya. Tetapi permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.

Hikmat Tuhan akan menghindarkan orang yang tak berpengalaman dari jalan orang bebal yang menuju kepada kebinasaan.

#passionateheintje.blogspot.com
Amsal 9:9 "berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 04'06'18 = Mzm. 1 - 7

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT