Devotion 993 : PENDIDIKAN FORMAL DAN BERETIKA

Devotion 993 - Dr. Heintje Kobstan
PENDIDIKAN FORMAL DAN BERETIKA
Bacaan : Amsal 10

Pola asuh orang tua akan sangat berpengaruh bagi perkembangan generasi. Generasi ini diperhadapkan pada moralitas yang semakin bejat yang diakibatkan oleh perkembangan jaman. Memang benar apa yang dikatakan oleh firman TUHAN tentang manusia di hari-hari terakhir. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, dll. Karena itu, anak yang bijak mendatangkan sukacita kepada ayahnya, tetapi anak yang bebal adalah kedukaan bagi ibunya.

Pendidikan yang diberikan kepada anak-anak sebaiknya bukan hanya tentang pengetahuan saja tetapi juga etika dan perilaku. Salomo sudah meyakini ini sejak kurang lebih 3000 tahun yang lampau. Tujuan utama dari pendidikan itu adalah menjadikan anak bijak dan berguna bagi masyarakat dimana ia hidup. Bijak di sini bukanlah semata-mata manusia yang terlatih dan trampil dalam disiplin ilmu yang ia pelajari namun juga meyakini dan menerapkan nilai-nilai etika kristen di dalam masyarakat dimana ia hidup. Memang amsal-amsal yang ditulis Salomo dalam pasal ini tidak saling terkait tetapi ini merupakan nasihat bagi kita semua termasuk generasi yang akan datang. Nasihat itu tentang, Ay. 2-5 memperlihatkan kontras antara sikap yang benar terhadap harta dan pekerjaan, dengan sikap yang salah atau keliru. Sikap yang benar terwujud dalam pengelolaan hidup yang rajin dan bertanggung jawab. Ay. 6-14 membicarakan masalah keselarasan hati dan kata-kata. Hati adalah pusat kehidupan. Bila orang memiliki hati yang benar, seharusnya kata-kata dan perbuatannya pun mendatangkan kebaikan bagi sesama dan berkenan bagi Tuhan. Sebaliknya kebodohan dan kelicikan dalam kata dan tindakan, lahir dari hati yang jahat. Penulis Amsal sangat menekankan pentingnya pendidikan baik formal maupun informal karena ini berhubungan dengan kehidupan manusia.

Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia, karena itu berikanlah pendidikan formal yang baik dan juga pendidikan etika Kristen bagi generasi ini.

#passionateheintje.blogspot.com
Amsal 10:17 "Siapa mengindahkan didikan, menuju jalan kehidupan, tetapi siapa mengabaikan teguran, tersesat."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA
Tgl. 05'06'18 = Mzm. 8 - 14

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT