Devotion 1009 : VIRUS BEBAL

Devotion 1009 - DR. Heintje Kobstan
VIRUS BEBAL
Bacaan: Amsal 26

Siapa yang menyukai orang bebal dan mau bergaul dengannya? Siapa orang bebal yang dimaksudkan Salomo dalam pasal ini? Dalam PL orang bebal kadang-kadang disebut orang bodoh karena ketololannya. Kebodohan dalam Kitab Suci mempunyai arti moral. Kebodohan dapat dihubungkan dengan 'kedegilan hati' atau dengan 'sengaja tidak mau tahu'. Selain tidak memiliki kecerdasan, orang bodoh juga adalah orang yang tidak 'beriman' dan 'penghujat', sebagaimana dinyatakan dalam PL.

Pendidikan merupakan suatu bentuk proses pembelajaran selain untuk memperluas pengetahuan juga untuk berubah dan memperbaiki diri. Salomo memberikan gambaran mengenai seseorang yang tidak pernah mau berubah melalui proses belajar. Orang seperti ini disebut sebagai seorang bebal dan pemalas. Jadi dalam pandangan Alkitab, orang bebal selain orang bodoh juga adalah orang malas. Orang malas adalah orang ketika ditimpa masalah, ia tidak berusaha untuk keluar dari masalah yang menimpa tetapi malah terus berkutat dan berputar pada masalah yang sama. Ia juga merasa diri lebih benar dan bijak dari orang lain sehingga tidak mau menerima nasehat atau belajar dari kesalahannya. Terkadang orang yang tahu kebenaran pun bisa bersikap bebal. Mengapa? Karena mengijinkan kesombongan menguasai hidupnya, ia tidak mau menerima nasehat baik orang yang lebih dituakan apalagi yang dibawahnya. Tidak mau menerima perubahan yang membawa kearah yang baik juga merupakan salah satu tanda kebebalan. Karena itu berhati-hatilah agar jangan sampai terkontaminasi virus bebal.

Kebebalan pun dapat menghancurkan hidup orang benar jika tidak disadari maka Ia akan seperti virus yang perlahan tapi pasti menggerogoti tubuh inangnya dan menghancurkannya.

passionateheintje.blogspot.com
Amsal 26:12 "Jika engkau melihat orang yang menganggap dirinya bijak, harapan bagi orang bebal lebih banyak dari pada bagi orang itu."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 29'06'18 = Mzm. 126 - 130

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT