Devotion 1007 : ORANG BERHIKMAT

Devotion 1007 - DR. Heintje Kobstan
ORANG BERHIKMAT
Bacaan: Amsal 24

Pernahkah kita merasa bahwa hidup ini tidak adil? Apa yang terlihat adalah mereka yang tergolong orang bebal ataupun fasik lebih berbahagia. Mereka hidup serba berkecukupan bahkan ada yang berlimpah, mereka menikmati kenyamanan walaupun berbuat kejahatan. Segala dosa telah mereka perbuat, tetapi mereka hidup dalam ketentraman. Penulis Amsal justru menuliskan agar orang benar jangan iri kepada orang jahat dan jangan ingin bergaul dengan mereka. Bergaul berarti ingin ikut menikmati kenyamanan atau kehidupan mereka.

Mengapa kita tidak boleh iri dan bergaul dengan mereka? Agar supaya kita tidak tercemar dengan pikiran jahat mereka yang tidak takut Tuhan. Alasan yang lain adalah karena jalan hidup mereka pada akhirnya menuju kepada kebinasaan. Jika kita ikut dan bergaul dengan mereka maka akhir hidup kitapun adalah kebinasaan. Alasan berikutnya adalah hati mereka hanya memikirkan penindasan terhadap orang lain dan bibir mereka membicarakan bencana. Apa yang dipikirkan dan dilakukan adalah kejahatan demi kejahatan, bahkan mereka lebih menyukai jika sesama mereka menderita dan mereka berbahagia. Kejahatan disini bukan saja tentang perampokan, pembunuhan, penganiayaan, dsb., tetapi bisa berarti bersifat licik atau menipu saudaranya, persaingan yang tidak sehat, menjatuhkan orang lain demi kedudukan dan kekuasaan, menindas hak-hak orang lemah, dsb. Tetapi orang yang takut Tuhan akan memiliki hikmat untuk tidak mengikuti jalan hidup orang jahat. Hikmat Tuhan akan membuat orang benar dapat hidup berdampingan dengan sesamanya dalam kasih. Orang jahat bisa mendapatkan apa saja, ataupun membangun apa saja tetapi semua bisa hancur dalam sekejap. Tetapi orang yang berhikmat, ia dapat membangun dan juga menegakkannya serta mewariskan kepada anak cucunya.

Hikmat Tuhan akan menuntun orang dalam kebenaran dan kehidupan tetapi cara hidup yang jahat hanya akan membawa kepada kebinasaan.

passionateheintje.blogspot.com
Amsal 24:1 "Jangan iri kepada orang jahat, jangan ingin bergaul dengan mereka."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 27'06'18 = Mzm. 119

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT