Devotion 1000 : PENDIDIKAN DAN KETELADANAN

Devotion 1000 - DR. Heintje Kobstan
PENDIDIKAN DAN KETELADANAN
Bacaan: Amsal 17

Semakin tinggi peradaban, teknologi yang semakin berkembang, tingkat kehidupan yang semakin membaik tetapi tidak menjamin kehidupan yang beretika dan bermoral pun ikut membaik. Mengapa demikian? Pendidikan dalam setiap stratanya telah berusaha menghilangkan pelajaran budi pekerti atau tata krama atau pendidikan karakter yang menyangkut etika dan moralitas. Bagaimana dengan kekristenan? Kekristenan pun menjadi dilematis, disatu sisi kekristenan telah menjadi suatu lembaga agama sehingga gereja atau denominasi hanya sibuk untuk mempertahankan eksistensinya dan bukan lagi menekankan gaya hidup Kristus sebagai sumber pengajaran etika dan moralitas disisi yang lain.

Penulis Amsal mengingatkan kepada kita semua bahwa mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka. Hal ini berbicara tentang pendidikan dan keteladanan yang diberikan dari generasi ke generasi. Namun bagaimana jika seandainya generasi ini muncul sebagai generasi yang tidak menjunjung tinggi etika dan moralitas karena yang ada hanyalah kejahatan demi kejahatan saja? Maka generasi selanjutnya tidak mendapatkan keteladanan kehidupan yang baik dan bisa berbangga diri terhadap generasi sebelumnya. Yang ada adalah generasi selanjutnya akan mewarisi pola hidup yang sama dengan generasi sebelumnya. Karena itu pentingnya pendidikan dan keteladanan dari generasi ke generasi. Dalam Amsal ini kita melihat tentang karakter baik dan buruk, antara orang berhikmat dan orang bebal. Siapakah yang menjadi contoh keteladanan hidup yang sempurna bagi umat manusia? Tidak ada yang lain didunia ini, kecuali Yesus Kristus. Karena itu pendidikan yang baik bagi generasi ini adalah yang bersumber pada gaya hidup Kristus dan bukan pada filsafat dunia. Gaya hidup Kristus merupakan sumber dari pengajaran etika dan moralitas Kristen. Agama Kristen tidak menjamin seseorang akan mempunyai etika dan moralitas Kristen yang baik. Namun gaya hidup Kristus merupakan sumber pendidikan dan keteladanan yang sempurna bagi setiap generasi.

Gaya hidup Kristus merupakan sumber pendidikan etika dan moralitas yang sempurna dan juga sumber keteladanan kehidupan yang sejati dari generasi ke generasi.

passionateheintje.blogspot.com
Amsal 17:6 "Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 14'06'18 = Mzm. 56 - 60

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT