Devotion 996 : MEMPEDULIKAN ATAU MEREMEHKAN

Devotion 996 - DR. Heintje Kobstan
MEMPEDULIKAN ATAU MEREMEHKAN?
Bacaan: Amsal 13

Seorang anak yang tak berpengalaman akan menjadi bijak ketika ia menerima didikan. Didikan itu tidak hanya sekali tetapi berulang kali diberikan atau disampaikan kepada sang anak. Karena sering disampaikan maka bisa menimbulkan kebosanan atau bahkan mengacuhkan didikan itu karena sudah mengetahuinya. Namun tetaplah didikan itu harus terus diberikan dengan tekun dan terus menerus. Tanpa ketekunan dan terus menerus maka didikan itu tidak akan terekam kuat didalam hati sang anak. Namun si pencemooh tidak mendengarkan hardikan. Hardikan dapat mengandung nasehat akan kehidupan. Si pencemooh akan mengelak dan membantah setiap hardikan yang datang.

Didikan dan hardikan bisa datang melalui firman Tuhan. Firman Tuhan adalah sumber inspirasi dalam mendidik anak-anak, remaja, anak muda dan orang dewasa. Namun seringkali kita tidak menghargai didikan dan hardikan firman Tuhan. Dalam anggapan kita mungkin hal itu tidak perlu karena kita telah terdidik dalam berbagai ilmu pengetahuan. Tetapi ternyata yang sanggup mengubahkan hidup kita bukanlah ilmu pengetahuan tetapi firman Tuhan. Karena itu penulis Amsal menyatakan bahwa siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan. Sikap meremehkan berarti tidak mempedulikan dan menghormati. Mempedulikan apa? Menghormati apa? Didikan! Didikan firman Tuhan adalah sumber hikmat dan kebijaksanaan. Siapa yang bergaul dengan orang bijak akan menjadi bijak, bergaul dengan orang bebal akan menjadi bebal. Mereka yang bergaul dengan firman Tuhan akan menjadi bijak. Bergaul berarti ada interaksi satu dengan lainnya. Bergaul dengan firman Tuhan, bukan berarti hanya sekedar membaca Alkitab, tetapi mengijinkan firman mengajari kita dan mengoreksi kehidupan kita lewat perenungan-perenungan yang kita lakukan. Karena bertekunlah untuk membaca, merenungkan dan melakukan firman Tuhan dalam hidup ini.

Bergaullah dengan firman Tuhan yang sanggup untuk mengubahkan hidup menjadi lebih baik dan bijaksana.

passionateheintje.blogspot.com
Amsal 13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan."

Pembacaan Alkitab Setahun BERGEMA:
Tgl. 09'06'18 = Mzm. 31 - 35

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT