Devotion 1242 : DIMULAI DARI MEZBAH

Devotion 1242 - Dr. Heintje Kobstan
DIMULAI DARI MEZBAH 
Bacaan: Amos 9

Amos menyatakan bahwa Tuhan berdiri di samping mezbah dan dari situlah penghukuman dimulai. Mezbah berbicara pusat penyembahan. Namun mezbah disini telah tercemar oleh penyembahan berhala. Para pendosa tetap mempersembahkan korban dengan mencemari mezbah. Mezbah seharusnya menjadi tempat mempersembahkan korban kepada TUHAN. Karena itu penghukuman dimulai dari mezbah bahkan kemanapun para pendosa itu pergi berlindung kesanalah penghukuman akan datang.

Walau penghukuman itu berlangsung namun janji pemulihan atas Israel tetap berlaku. TUHAN menampi orang Israel dan menyelamatkan keturunan Yakub. Pemurnian sedang terjadi, Israel sedang dibersihkan dari para penyembah berhala. Kemurnian ibadah sedang ditegakkan oleh TUHAN. Bahkan TUHAN sedang memulihkan Pondok Daud yang telah roboh. Pondok Daud berbicara tentang Kerajaan Daud yang kembali dipulihkan oleh TUHAN. Jadi di pasal terakhir ini berakhir dengan janji bahwa Israel tidak akan dimusnahkan sama sekali. Sang nabi melihat suatu hari ketika bangsa itu akan dikembalikan ke negeri mereka dan akan memberkati semua bangsa di bumi; TUHAN akan menjadi Allah mereka. Hari itu mengacu kepada kerajaan Mesias ketika Yesus Kristus memerintah atas seluruh bumi. Yakobus mengutip ayat Am 9:11-12 untuk menunjukkan bahwa rencana keselamatan Allah dirancang untuk mengikutsertakan orang bukan Yahudi di dalam kerajaan-Nya.

Hari-hari ini pemurnian sedang terjadi atas umat-Nya. Dimulai dari mezbah yang merupakan ibadah orang percaya. Ritual agamawi yang merupakan pola penyembahan berhala disingkirkan. Sebab TUHAN tidak menginginkan ritual namun hubungan yang didasarkan kebenaran. Penyembahan tidak tergantung pada tempat, fasilitas ataupun imam tetapi dilakukan secara pribadi dalam roh dan kebenaran. Umat Tuhan akan merajakan Yesus Kristus dan hidup dalam nilai-nilai kerajaan. Umat Tuhan akan menjadi perwakilan kerajaan Allah di muka bumi ini.

Penyembahan kepada TUHAN tidak tergantung pada tempat, fasilitas ataupun imam tetapi dilakukan secara pribadi dalam roh dan kebenaran.

#passionateheintje.blogspot.com
Amos 9:11 (BIMK)  "TUHAN berkata, "Akan tiba saatnya Aku memulihkan kerajaan Daud. Sekarang kerajaan itu telah menjadi seperti rumah yang roboh. Tetapi tembok-temboknya akan Kuperbaiki dan Kubangun kembali sehingga menjadi seperti dahulu kala."
 
Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA:
Tgl. 29 April 2020 : Ayub 12-14

Tonton juga video ini: 
Apakah TUHAN meninggalkan umat-Nya sendirian? Apakah Ia tidak mempedulikan umat-Nya? Respon kitalah yang menentukan... Dengarkanlah firman Tuhan melalui link ini:
https://youtu.be/XhjQw4MhaX8

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT