Devotion 1240 : PELAYAN TUHAN

Devotion 1240 - Dr. Heintje Kobstan
PELAYAN TUHAN
Bacaan: Amos 7

Tuhan telah menyatakan kepada Amos, bahwa Ia tidak akan berbuat sesuatu tanpa terlebih dahulu menyatakannya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi. Di pasal ini, Tuhan menyatakan ada dua hukuman yang akan menimpa Israel, yaitu hama belalang dan api yang keduanya bisa menjadikan Israel sebagai tanah tandus yang tak bisa didiami. Amos pun berdoa dan minta belas kasihan Tuhan, dan Ia mengampuni Israel. Namun Tuhan akan menegakkan kebenaran-Nya atas Israel.

Apa yang membedakan Amos dan Amazia, Imam di Bethel? Seorang nabi yang sejati adalah tidak mencari keuntungan sendiri, egois, tidak mencari kedudukan bahkan memperkaya diri sendiri. Amos berusaha untuk berdiri dan membela Israel dihadapan Tuhan. Sebagai nabi, ia peka terhadap suara dan kehendak Tuhan tetapi juga prihatin akan keadaan umat. Bandingkan dengan Amazia, ia berusaha menentang pemberitaan firman TUHAN, mengamankan posisi dan kedudukannya sebagai imam dengan menjilat raja. Ia tidak prihatin dengan keadaan Israel yang akan dihukum Allah. Ia juga tidak peka terhadap suara dan kehendak TUHAN. Ia juga menolak kebenaran yang Amos beritakan. Mana nabi yang sejati dan mana yang bukan? Saudara bisa menilai sendiri dan mungkin juga menilai dirimu dan pelayananmu sebagai Tuhan. Saatnya Tuhan akan menghukum Israel dengan tali sipat atau tali pengukur untuk mengukur lurus tidaknya sesuatu atau yang dipakai dalam membangun. "Tali sipat" menjadi simbol bahwa Allah menghukum Israel secara adil, berdasarkan standar kebenaran-Nya.

Seorang nabi adalah utusan TUHAN untuk menyatakan suara kenabian kepada umat-Nya. Nabi adalah hamba Tuhan bukan hamba manusia atau hamba uang. Amos adalah seorang peternak dan pemungut buah ada di hutan. Tetapi Tuhan memanggilnya untuk bernubuat kepada Israel. Setiap umat TUHAN juga dipanggil Tuhan untuk melayani-Nya. Respon terhadap panggilan-Nya adalah dengan melayani sesama. Seperti Amos, dengan belas kasihan dan suara kenabian untuk menyatakan kebenaran, ia melayani bangsanya. Jadilah pelayan Tuhan yang sejati yang melayani Tuhan melalui melayani sesama. 

Pelayan Tuhan yang sejati adalah yang melayani Tuhan melalui melayani sesama.

#passionateheintje.blogspot.com
Amos 7:15 "Tetapi TUHAN mengambil aku dari pekerjaan menggiring kambing domba, dan TUHAN berfirman kepadaku: Pergilah, bernubuatlah terhadap umat-Ku Israel."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA:
Tgl. 18 April 2020 : Nehemia 2-4

Tonton juga video ini: 
Menjadi pelayan Tuhan dan memimpin umat adalah pekerjaan yang mulia. Bagaimana kita bisa menjadi pemimpin dan pelayan umat yang berkenan kepada Tuhan? Dengarkanlah firman Tuhan melalui link ini:
https://youtu.be/PWF3M0YuiVI

#kingdomdevotion

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT