Devotion 1235 : ENTAH APA YANG MERASUKIMU

Devotion 1235 - Dr. Heintje Kobstan
ENTAH APA YANG MERASUKIMU 
Bacaan: Amos 2

Apakah Allah semena-mena memberikan hukuman kepada bangsa-bangsa? Pernyataan nabi Amos bahwa oleh karena tiga bahkan empat perkara maka Tuhan memberikan hukuman. Keputusan penghukuman tidak akan berubah karena Tuhan sudah berketetapan. Keadilan Tuhan dinyatakan bukan hanya kepada bangsa-bangsa lain tetapi juga kepada Israel yang notabene adalah umat-Nya sendiri. Walaupun kasih setia dan kemurahan Tuhan melebihi apapun tetapi penghukumannya tetap dijalankan. Dan tidak akan ada yang dapat bertahan terhadap penghukuman itu sekalipun ia adalah seorang pahlawan.

Apakah alasan penghukuman Tuhan? Hukuman kepada Moab dikarenakan menyimpan dendam atau kepahitan terhadap Edom. Moab sampai melakukan perbuatan keji dengan membakar tulang-tulang raja Edom sampai menjadi kapur. Hukuman kepada Yehuda adalah karena menolak perintah Tuhan. Mereka telah mengkhianati Tuhan dan perjanjian-Nya. Mereka malah disesatkan dengan penyembahan kepada dewa-dewa. Sikap menduakan Tuhan inilah yang sangat dibenci oleh Tuhan. Hukuman kepada Israel adalah karena mereka dikuasai oleh keinginan daging dan hawa nafsu seksual. Percabulan dibiarkan merajalela sehingga merasuki dan menjadi bagian upacara keagamaan. Mereka melanggar kekudusan Tuhan dan penyembahan mereka bukan lagi kepada Allah melainkan kepada berhala-berhala. Mereka melarang firman Tuhan diberitakan dan mendorong para imam untuk terjerumus dalam dosa. Mereka juga melakukan dosa bangsa kafir yang menjadikan dewi kesuburan menjadi objek ibadah. Hal-hal inilah yang dilakukan oleh bangsa-bangsa bahkan umat Tuhan sendiri sehingga Tuhan pun menghukum mereka.

Apa yang terjadi di masa nabi Amos, juga terjadi di masa kini. Bangsa-bangsa melakukan kejahatan begitu juga dengan umat Tuhan. Sehingga tidak ada perbedaan antara mereka yang mengaku umat Tuhan dengan yang bukan. Bahkan hal-hal duniawi, keinginan daging, percabulan bahkan penyembahan kepada berhala atau dewa-dewa pun sudah merasuki kegiatan keagamaan di gereja-gereja. Karena itu janganlah heran jika saat ini pintu gereja tertutup dari kegiatan-kegiatan ibadah. Tuhan sedang menghukum gereja yaitu gedung dan kegiatan agamawi didalamnya. Dan Tuhan sedang memurnikan gereja yang adalah setiap orang percaya kepada Yesus Kristus. Gereja harus dibersihkan dari semua hal duniawi yang merasukinya. Kembalilah kepada panggilan awal gereja - 1Petrus 2:9.

Gereja harus mengalami pemurnian dan kembali kepada rencana dan kehendak Allah yang semula.

#passionateheintje.blogspot.com
Amos 2:16 "Juga orang yang berhati berani di antara para pahlawan akan melarikan diri dengan telanjang pada hari itu," demikianlah firman TUHAN."

Pembacaan Alkitan setahun BERGEMA:
Tgl. 10 April 2020 : 2Taw.-24-26

Tonton juga video ini: 
Tuhan ingin agar setiap orang percaya menjadi kuat dan tetap kuat dalam menghadapi segala situasi. Karena itu apa yang harus dilakukan agar tetap kuat di dalam Tuhan? Dengarkanlah firman Tuhan melalui link ini:
https://youtu.be/VneLTepAY2A

#kingdomdevotiondomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT