Devotion 1239 : BERKAT BISA MENJADI KUTUK

Devotion 1239 - Dr. Heintje Kobstan
BERKAT BISA MENJADI KUTUK
Bacaan: Amos 6

Apa yang selalu kita minta dalam doa kepada TUHAN? Berkat... yah kita selalu meminta agar TUHAN memberkati baik hidup, keluarga, pekerjaan dan semua hal. Doa kita seperti sedang mengajukan proposal permintaan kepada TUHAN. Apakah TUHAN tidak memberkati hidup kita? Sejak penciptaan manusia, Tuhan sudah memberi berkat (Kej.1:28). Artinya sepanjang hari TUHAN menyertai kita dengan berkat-Nya. Namun kita tidak menyadarinya bahkan menginginkan lebih. Amos menyatakan bahwa kecelakaan bisa terjadi bagi mereka yang hidup enak di Sion dan yang merasa aman di Samaria (ay.1).

Yesus mengajarkan melalui Doa Bapa Kami, yaitu "Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya" (Mat.6:11). Hal ini berarti bahwa TUHAN telah menyediakan bagian sesuai yang diperlukan dalam hidup ini. Namun kita sering mengejar hal yang lebih. Meminta agar TUHAN memberkati kita dengan kesuksesan, pekerjaan yang banyak, toko yang ramai, kedudukan yang tinggi yang ujung-ujungnya adalah supaya finansial kita berlimpah. Amos mengajarkan kepada kita umat TUHAN bahwa ketika hidup ini sudah makmur karena finansial kita sudah lebih dari cukup janganlah terlena karenanya. Bahwa rasa aman janganlah tercipta karena kemakmuran. Sehinga kita bergantung padanya dan tidak lagi pada TUHAN. Anggapan kita bahwa semua yang ada adalah telah menjadi hak milik kita sehingga kita bebas untuk menggunakannya. Sehingga sesuka hati kita gunakan untuk memuaskan hawa nafsu dan pada akhirnya perbuatan jahat kita. Jangan salah mengartikan berkat Tuhan sebab karena mengejar berkat dan menikmatinya, kita bisa berakhir pada kehancuran dan penghukuman TUHAN. 

Umat Tuhan berawaslah bahwa kemakmuran dan gaya hidup yang menyenangkan dapat membuat kita hanyut dalam gaya hidup duniawi di mana kerinduan yang mendalam dan tetap akan Allah tidak ada lagi. Waspadalah bahwa berkat bisa menjadi kutuk bagi hidupmu. Jadi apa yang harus dilakukan? Carilah TUHAN selalu, sebab Ia adalah sumber kehidupan. Ingatlah bahwa kita bukanlah pemilik tetapi pengelola dari berkat TUHAN. Hiduplah secukupnya jangan melebihi dari kesanggupanmu. Dan ingatlah bahwa dalam berkat yang Tuhan percayakan, ada bagian Tuhan dan juga ada bagian untuk sesama kita yang membutuhkan. 

Ingatlah bahwa dalam berkat yang TUHAN percayakan dalam hidupmu, ada bagian untuk bait-Nya dan juga ada bagian untuk sesamamu yang membutuhkan. 

#passionateheintje.blogspot.com
Amos 6:8 (BIMK)  "Dengan tegas TUHAN Yang Mahakuasa dan Mahatinggi telah memberi peringatan ini, "Aku benci akan keangkuhan umat Israel; Aku tak senang dengan istana-istana mereka yang mewah. Ibukota mereka bersama semua yang ada di dalamnya akan Kuserahkan kepada musuh."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA:
Tgl. 15 April 2020 : Ezra 3 - 5

Tonton juga video ini: 
Tuhan menginginkan kita hidup dalam berkat dan anugerah-Nya. Beribadah bukan untuk cari berkat tetapi mencari TUHAN sebagai sumber berkat. Dengarkanlah firman Tuhan melalui link ini:
https://youtu.be/LuTR0a4s7pM

#kingdomdevotioningdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT