Devotion 1236 : TELAH TERGANTIKAN

Devotion 1236 - Dr. Heintje Kobstan
TELAH TERGANTIKAN
Bacaan: Amos 3

Tidak dapat dipungkiri bahwa memang hubungan antara TUHAN Allah dan Israel adalah hubungan yang unik. Hubungan ini didasari oleh perjanjian dari pihak Allah kepada Israel. Hubungan ini tidak disebabkan oleh karena Israel adalah bangsa super power atau bangsa yang besar. Dan dalam kedaulatan Allah, Israel telah menjadi umat-Nya. Tetapi hubungan ini tidak menyebabkan Israel bebas dari penghukuman. 

Amos menyatakan bahwa TUHAN Allah tidak akan pernah berbuat sesuatu tanpa menyatakannya terlebih dahulu kepada para nabi. Para nabi adalah penyambung suara Tuhan dan memberitakannya kepada seluruh umat. Para nabi termasuk Amos telah menyatakan suara kenabiannya bahwa Israel akan mengalami penghukuman. Tindakan Israel mengabaikan firman Tuhan dan menyembah ilah lain adalah pengkhianatan terhadap perjanjian itu. Allah harus menghukum mereka sebagai konsekuensi pengkhianatan itu. Mengapa mereka berkhianat? Sebab mereka tidak memerlukan Tuhan lagi. Israel telah menjelma menjadi bangsa yang besar dan ditakuti para musuh-Nya. Mereka merasa tidak perlu lagi mengandalkan Tuhan dan mengabaikan suara kenabian. Pengetahuan dan teknologi persenjataan serta pertahanan bahkan ekonomi Israel telah berkembang dengan pesat. Melupakan Tuhan dan menggantikan-Nya dengan ilah lain itulah yang telah dilakukan oleh Israel. Tanpa disadari Umat Tuhan telah menolak Tuhan.

Umat Tuhan harus sadar bahwa tanpa Tuhan mereka tidak akan mampu bertahan. Umat Tuhan harus bergantung sepenuhnya kepada Sang Raja. Namun pengetahuan telah mengalahkan firman Tuhan. Yesus pun tergantikan oleh mamon. Penyembahan kepada Tuhan telah digantikan oleh ilah zaman ini. Bahkan umat Tuhan rela mengkultuskan pemimpin spiritualnya melebihi Tuhan. Visi Tuhan telah menjadi visi pemimpin. Suara Tuhan telah tergantikan oleh suara pemimpin. Bangunan gereja telah menggantikan gereja yang adalah pribadi umat Tuhan. Duniawi telah menggantikan rohani. Kekristenan telah berubah menjadi agama yang penuh dengan liturgi, aturan dan hukum manusia bukanlah suatu hubungan perjanjian. Jelaslah Tuhan menghukum umat-Nya. Semua gedung-gedung besar dan indah akan dihancurkan oleh Tuhan dan yang tersisa adalah hal yang sederhana. Sadarlah hai umat Tuhan! Dengarkanlah suara kenabian! Perhatikan dan taatilah Firman Tuhan!

Benarkah Gereja telah meninggalkan Tuhannya... bukankah demikian adanya? Sadarilah!

Amos 3:15 "Aku akan merobohkan balai musim dingin beserta balai musim panas; hancurlah rumah-rumah gading, dan habislah rumah-rumah gedang," demikianlah firman TUHAN."

Pembacaan Alkitab setahun BERGEMA:
Tgl. 11 April 2020 : 2Taw.-27-29

Tonton juga video ini: 
Kematian Yesus di kayu salib telah membawa keselamatan. Darah-Nya telah dicurahkan. Sadarkah kita bahwa darah-Nya sungguh berkuasa? Dengarkanlah firman Tuhan melalui link ini:
https://youtu.be/ERZOkMVyfLk

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT